Jasa Marga Kesulitan Evekuasi Truk Terbalik di KM 14 Tol Jakarta Cikampek

Jasa Marga megaku kesulitan dalam proses evakuasi truk yang diklaim memiliki beban seberat 60 ton dan masuk kategori overload atau beban berlebih.

Jasa Marga Kesulitan Evekuasi Truk Terbalik di KM 14 Tol Jakarta Cikampek
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proses evakuasi truk terbalik di Jalan Tol Jakarta Cikampek KM 14, Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa, (22/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWALUMBU - Sebuah truk pengangkut plat baja terbalik di ruas Tol Jakarta Cikampek KM 14, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa, (22/10/2019). Imbas dari kejadian tersebut, arus lalulintas mengalami kemacetan yang cukup parah.

Kecelakaan ini sejatinya terjadi pada pagi hari, sekitar pukul 05.30 WIB, namun hingga pukul 17.00 WIB, saat TribunJakarta.com mendatangi lokasi kejadian, truk masih dalam proses evekuasi.

Truk Overload Terbalik di Tol Jakarta Cikampek, Arus Lalu Lintas Macet Parah

Jasa Marga megaku kesulitan dalam proses evakuasi truk yang diklaim memiliki beban seberat 60 ton dan masuk kategori overload atau beban berlebih.

"Proses evakuasi masih terus berlangsung karena dua unit crane yang dikerahkan untuk mengevakuasi truk masih belum berhasil akibat kondisi truk yang overload," kata Corporate Communication Department Head, PT Jasa Marga, Faiza Riani.

Di lokasi kecelakaan, hampir setengah lajur ditutup dengan panjang radius sekitar 100 meter dari titik kecelakaan. Hal ini dilakukan sebagai area aman saat proses evakuasi berlangsung.

Terdapat dua unit kendaraan crane dan sejumlah mobil patroli yang mengitari truk terbalik tersebut. Akibat penyempitan lajur ini, kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta tersendat.

Dari pantauan di lokasi, antrian kendaraan yang sangat padat terjadi sepanjang lebih dari tiga kilo meter. Bahkan, panjang kemacetan ini bisa lebih parah jika dilihat lebih jauh ke belakang.

"Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek saat ini dalam persiapan untuk melakukan pemotongan pada bagian-bagian truk agar mudah dievakuasi. Saat ini terpantau kepadatan masih terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang disebabkan oleh proses evakuasi yang masih berlangsung," jelasnya.

Sementara itu, Humas Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cikampek, Hendra Damanik, mengatakan, proses evakuasi sudah dilakukan tidak lama setelah informasi adanya kecelakaan.

"Sejak kejadian tersebut petugas kita langsung kelapangan mengevakuasi kendaraan tersebut ke bahu jalan, sampai saat ini masih dilakukan penanganan," ungkap Hendra.

Kendala utama evakuasi hingga berlaut akibat muatan yang terlalu berat, truk tersebut bermuatan plat baja ukuran besar. Jasa Marga berdalih, operasi kendaraan overload sering dilakukan. Tetapi, masih ada sejumlah perusahaan logistik memaksaan kehendak.

"Jadi memang Jasa Marga sendiri juga rutin melakukan operasi odol, over dimensi overload, bisa enam kali dalam sebulan, himbauannya kepada pengguna jalan baik perusahaan logistic maupun kendaraan pribadi agar memperhatikan kendaraannya supaya layak jalan," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved