Mantan Staf Ahok Khawatir Pembangunan Kampung Akuarium Picu Munculnya Bangunan Liar

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Ima Mahdiah mengaku khawatir dengan rencana Pemprov DKI membangun kembali kawasan Kampung Akuarium.

Mantan Staf Ahok Khawatir Pembangunan Kampung Akuarium Picu Munculnya Bangunan Liar
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Ima Mahdiah mengaku khawatir dengan rencana Pemprov DKI membangun kembali kawasan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Menurutnya, pembangunan kembali kawasan tersebut dapat memicu munculnya bangunan liar di lahan yang dulu pernah digusur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Terlebih, pembangunan dengan konsep rumah berlapis ditakutkan hanya akan digunakan oleh masyarakat mapan yang mampu membayar sewa.

"Pasti bakal kumuh lagi karena yang di rusun orang-orang tertentu yang bisa bayar sewa. Lalu, orang berpenghasilan rendah dia bikin pondok-pondok lagi," ucapnya, Selasa (22/10/2019).

Hal ini ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya terjun langsung ke Kampung Akuarium saat masih duduk sebagai staf mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok.

"Saya pernah survei tahun 2015 lalu dan yang bermukim di sana itu memang orang menengah ke bawah, pasti gajinya rata-rata di bawah Rp 4 juta," ujarnya.

Tak hanya dapat memicu kembali munculnya penukiman kumuh, politisi PDIP ini pun menyebut, pembangunan pemukiman di pesisir utara Jakarta itu bisa menyebabkan banjir.

Pasalnya, pembangunan kawasan cagar budaya dan tanggul laut di kawasan itu yang sebelumnya dicanangkan oleh Ahok urun dilaksanakan oleh Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies Baawedan.

"Kalau penataan Kampung Akuarium misal dibangun lagi, pasti banjir lagi. Efeknya bisa sampai banjor ke daerah Pluit," kata Ima.

Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Ima Mahdiah saat ditemui di kantornya, Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Ima Mahdiah saat ditemui di kantornya, Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)
Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved