Kabinet Jokowi Maruf Amin

Politikus PKB Harap Anggota Kabinet Indonesia Maju Bisa Terjemahkan Gagasan Presiden Jokowi

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin menyoroti pemilihan sosok menteri pada kabinet Indonesia Maju.

Politikus PKB Harap Anggota Kabinet Indonesia Maju Bisa Terjemahkan Gagasan Presiden Jokowi
ISTIMEWA/Tribunnews
Para menteri Kabinet Indonesia Maju di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). 

 TRIBUNJAKARTA.COM - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Yanuar Prihatin menyoroti pemilihan sosok menteri pada kabinet Indonesia Maju.

Yanuar berharap terpilihnya sosok kabinet Indonesia Maju diharapkan bisa terjemahkan gagasan Presiden Joko Widodo selama lima tahun mendatang.

“Para menteri harus memahami dan mampu menterjemahkan secara operasional gagasan inti yang ingin diwujudkan Presiden dalam lima tahun ke depan secara lebih kreatif dan inovatif,” kata politikus PKB Yanuar Prihatin dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10/2019).

Yanuar mengutip, sambutan Presiden Joko Widodo dalam pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju yang meminta para menterinya tidak terjebak rutinitas.

Menurut Yanuar, ada tiga hal penting yang dikehendaki Jokowi.

Pertama, peningkatan kualitas manusia. Kedua, pemberdayaan, pengembangan dan inovasi UMKM.

Ketiga, penguatan ulang Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan.

Ia menilai dibutuhkan pemahaman dan kreativitas yang otentik agar muncul terobosan hebat untuk mewujudkan tiga hal besar itu.

Jangan lagi terjebak cara pandang konvensional yang teknokratik, prosedural, simbolik dan administratif untuk mengukur keberhasilan kerja para menteri.

“Di sinilah keahlian para menteri diuji untuk menemukan terobosan yang efektif dan berhasil guna dalam lingkup kementeriannya,” kata Yanuar Prihatin yang juga Ketua DPP PKB bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Halaman
123
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved