5 Murid Tewas Saat Studi Tur, Pemkot Jakarta Timur Nyatakan SMP Budhaya III Lalai

"Karena sekolah juga tak berkoordinasi dengan Sudin. Kalau seperti itu kan pengawasannya lalai. Apapun alasannya mereka lalai," ujarnya.

5 Murid Tewas Saat Studi Tur, Pemkot Jakarta Timur Nyatakan SMP Budhaya III Lalai
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Petugas penggalian makam TPU Pondok Kelapa saat menggali makam untuk murid SMP Budhaya III yang tewas tenggelam di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (27/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - SMP Budhaya III Santo Agustinus dinyatakan lalai dalam pelaksanaan study tour yang mengakibatkan 5 murid tewas tenggelam di Sungai Ciujung, Banten, pada Jumat (25/10/2019).

Kasudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur Ade Narun mengatakan pihak sekolah lalai karena tak mengawasi para muridnya dalam kegiatan studi tur ke Kampung Baduy.

"Ini kan musibah, memang pastinya yang lalai sekolah. Kita lagi cek ke sekolah, kenapa bisa terjadi seperti itu. Artinya ada kelalaian di sekolah," kata Ade saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Rabu (30/10/2019).

Sebelum musibah, SMP Budhaya III sebenarnya sudah lalai karena menggelar studi tur tanpa melaporkan kegiatan ke Sudin Pendidikan Jakarta Timur.

Padahal seluruh sekolah yang hendak menggelar kegiatan di luar sekolah diwajibkan melapor guna memudahkan pengawasan murid.

"Karena sekolah juga tak berkoordinasi dengan Sudin. Kalau seperti itu kan pengawasannya lalai. Apapun alasannya mereka lalai," ujarnya.

Merujuk laporan yang disampaikan SMP Budhaya III, Ade menuturkan pihak sekolah sudah menyampaikan jadwal kegiatan studi tur kepada seluruh murid.

Namun sebelum kegiatan berakhir sejumlah murid bermain di sekitar Sungai Ciujung lalu tercebur dan lima di antaranya tenggelam.

Anggaran Lem Aibon dan Bolpoin Capai Miliaran Rupiah, Anies Salahkah Sistem e-Budgeting Warisan Ahok

Di Indocomtech, Erafone Obral Ponsel dengan Harga Miring: Mulai Harga Rp 499.000

Polisi Tangkap Muncikari Prostitusi Eks Finalis Putri Pariwisata Indonesia, Ini Penampakannya

"Kalau informasi sekolah, sebelum berangkat mereka (murid) sudah dikasih tahu jadwalnya, kegiatannya. Pada saat kegiatan belum selesai ada mereka ada yang bermain ke kali," tuturnya.

Sejak Senin (28/10/2019) hingga hari ini SMP Budhaya III meliburkan kegiatan belajarnya sebagai bentuk berkabung atas lima muridnya yang berpulang.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved