Fraksi Demokrat: Calon Kapolri Harus Mampu Jamin Profesionalitas Polri

Calon Kapolri harus mampu mewujudkan penegakan hukum yang adil dan menghadirkan rasa aman segenap lapisan masyarakat.

Fraksi Demokrat: Calon Kapolri Harus Mampu Jamin Profesionalitas Polri
Istimewa/dokumentasi pribadi
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Didik Mukrianto 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Didik Mukrianto berharap calon Kapolri harus mampu mewujudkan penegakan hukum yang adil dan menghadirkan rasa aman segenap lapisan masyarakat.

Diketahui, Komisi III DPR RI hari ini menjadwalkan serangkaian kegiatan dalam rangka melakukan uji kelayakan kepada calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis.

“Benar, hari ini Komisi III mengagendakan serangkaian kegiatan yaitu kunjungan ke kediaman pribadi Calon Kapolri Idham Aziz di pagi hari, dilanjut RDPU mendengar masukan masyarakat di siang hari, dan menjelang sore hari akan dilakukan uji kelayakan” kata Didik Mukrianto dalam keterangan tertulis, Kamis (30/10/2019).

Didik berpandangan, sosok Idham Aziz adalah sosok yang cukup humble, dan termasuk anggota Polri dengan berbagai prestasi, keberhasilan dan legacy menonjol dalam mengemban karir.

“Perjalanan karir beliau di Polri cukup baik, dengan berbagai capaian, keberhasilan, serta legacy yang membanggakan. Beliau salah satu anggota Polri yang pernah mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa karena prestasinya di era Presiden SBY, termasuk Pak Tito Karnavian," lanjut Ketua Umum Karang Taruna Nasional ini.

Lebih lanjut, Didik mengingatkan bahwa tantangan kinerja Polri ke depan semakin berat dalam menghadapi berbagai dinamisasi dan globalisasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya yakin sepenuhnya, dengan kapasitas, kapabilitas, kompetensi, dan komitmen Beliau, Polri secara kelembagaan akan lebih baik lagi dalam melakukan penegakan hukum, menjamin rasa aman masyarakat. Namun saya mengingatkan dinamika politik kedepan, khususnya dalam Pilkada 2020, Polri harus terus menjamin netralitas aparatnya untuk menghadirkan demokrasi yang baik di negeri ini”tegas Didik.

Selain itu Didik juga berharap agar Polri terus melakukan pengawasan kedalam yang cukup inten, meningkatkan kinerja dan penguatan kelembagaan, serta profesionalisme para anggotanya dalam menjawab tantangan perubahan yang sedemikian cepat.

Merk Kocak Rokok Ilegal di Kabupaten Tangerang, dari Djaran Goyang Hingga Laris Brow

Soroti Anggaran Pengadaan Pulpen Pemprov DKI Jakarta Rp 123 M, PSI: Satu Pulpen Rp 105 Ribu

Kemudian juga harapan masyarakat akan tegaknya keadilan dan hadirnya rasa aman di tengah masyarakat.

“Kejahatan Terorisme, Kejahatan Siber, dan Kejahatan Trans Nasional lainnya harus tetap menjadi perhatian dan tantangan tersendiri. Selain itu pengawasan internal dalam rangka penguatan kinerja dan kelembagaan Polri juga harus menjadi fokus Calon Kapolri kedepan. Untuk itu Polri kedepan harus lebih dekat lagi dengan masyarakat," pungkas Didik.

Diketahui sebelumnya, berdasar rapat pleno Komisi III kemarin, telah diputuskan bahwa rangkaian kegiatan uji kelayakan terhadap Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis akan dilakukan hari ini.

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved