Viral Foto ODGJ Panti Bina Laras Tidur di Kamar Mandi, Begini Kondisinya

Tuti menegaskan seluruh warga binaan sosial (WBS) di Panti Sosial Bina Laras memiliki tempat tidur dan kamar mandi yang layak.

Viral Foto ODGJ Panti Bina Laras Tidur di Kamar Mandi, Begini Kondisinya
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kamar mandi di Panti Sosial Bina Laras menyerupai foto yang viral di Instagram di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (30/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Panti Sosial Bina Laras (PSBL) di Kecamatan Cipayung santer diperbincangkan akun Instagram @viiphoto mengunggah foto orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tidur di bilik kamar mandi sempit dan kotor.

Dalam keterangan foto yang diunggah pada Senin (28/10/2019), disebutkan bahwa foto karya John Stanmeyer diambil di Panti Sosial Bina Laras bulan Oktober tahun 2003.

Kepala Panti Bina Laras Harapan Sentosa Cipayung, Tuti Sulistianingsih mengaku tak mengetahui pasti apakah foto tersebut memang diambil di Panti Bina Laras 16 tahun silam.

"Karena enggak ada dokumentasi untuk ruang-ruangan yang ada di Panti ini, kami kehilangan jejak. Yang jelas sekarang kami tidak ada seperti itu di Panti kami," kata Tuti di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (30/10/2019).

Sejak tahun 2015 ditugaskan di Panti Sosial Bina Laras, dia memastikan tak ada bilik kamar mandi sempit dan kotor sebagaimana foto yang viral.

Tuti menegaskan seluruh warga binaan sosial (WBS) di Panti Sosial Bina Laras memiliki tempat tidur dan kamar mandi yang layak.

"Tidak ada tidur yang tidak pada tempatnya. Kamar mandi kita ya buat mandi, ketika tidur mereka (WBS) ada ruang tempat tidur. Bahkan kami atur sedemikian rupa, perempuan dengan laki dipisahkan," ujarnya.

Merk Kocak Rokok Ilegal di Kabupaten Tangerang, dari Djaran Goyang Hingga Laris Brow

Kadisnakertrans: Terkait PP 78/2015 Ada Ketentuan yang Tak Dapat Dilanggar

Penempatan tempat tidur juga berdasarkan pada kondisi fisik sejumlah WBS yang fungsi tubuhnya menurun terdampak usia tua mereka.

WBS yang sudah tua, tunanetra, lumpuh ditempatkan di kamar bagian bawah agar memudahkan beraktivitas dan dipantau kondisinya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved