Politisi PSI Sebut Kualitas Penganggaran DKI Mundur

"Jadi saya pikir tidak tepat kalau anda berkilah dari asas dengan menggunakan norma Permendagri," tambahnya.

Politisi PSI Sebut Kualitas Penganggaran DKI Mundur
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest Tanudjaja 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM,  PALMERAH - Wakil Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Rian Ernest Tanudjaja menilai kualitas penyusunan anggaran DKI Jakarta saat ini alami kemunduran.

Hal tersebut lantaran penyusuan RAPBD 2020 yang dianggap tak transparan. Terlebih, setelah banyak bermunculannya anggaran tak wajar.

"Kami katakan ini sekarang kualitas penganggaran DKI Jakarta jelas berjalan mundur. Jawaban-jawaban yang kami dapatkan dari beberapa pejabat di dalam Pemprov DKI Jakarta, mereka selalu mengatakan kami tidak diwajibkan oleh peraturan untuk mengunggah di setiap tahapan, selalu ke sana jawabannya," kata Rian saat mengisi diskusi bertema Kejanggalan Anggaran DKI 2020 di Kantor Populi Center, Kemanggisan, Jakarta Barat, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, pejabat di lingkungan Pemprov DKI selalu berlindung dengan alasan norma hukum ketika dicecar untuk membuka transparansi.

"Mereka selalu menggunakan norma-norma hukum untuk menanggapi permintaan kami. Tapi satu hal, janganlah anda menggunakan norma untuk berlindung dari asas, salah satu asas pemerintahan yang baik adalah transparansi," kata Ernest.

Pelatih Persija Jakarta Tak Mau Anggap Remeh Kekuatan Semen Padang

Panpel Persib Bandung Beri Imbauan ke Bobotoh Jelang Lawan PSIS Semarang di Liga 1 2019

"Jadi saya pikir tidak tepat kalau anda berkilah dari asas dengan menggunakan norma Permendagri," tambahnya.

Rian berharap, pemerintah DKI Jakarta di bawah Gubernur Anies Baswedan mau mengubah cara kerjanya dengan mengedepankan transparansi 

"Harapannya setelah publik menilai, pak gubernur ini merubah kultur dan sistem yang ada, kan masih ada waktu, masih ada 2 sampai 3 tahun untuk semangat membenahi ini semua," ujarnya. 

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved