3 Tahun Terakhir, Kasus Penyelundupan Lobster Paling Banyak Lewat Bandara Soekarno-Hatta

Sejak tahun 2016, penyelundupan lobster ilegal paling banyak ditegah oleh Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

3 Tahun Terakhir, Kasus Penyelundupan Lobster Paling Banyak Lewat Bandara Soekarno-Hatta
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Pelepasan Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang yang dilakukan pada Rabu (6/11/2019) malam di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sejak tahun 2016, penyelundupan lobster ilegal paling banyak ditegah oleh Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang mengatakan sejak ia menjabat 3 tahun lalu memang tegahan terbanyak adalah lobster ilegal yang melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti penegahan 71.982 ekor lobster senilai Rp 14,4 Milyar pada Februari 2018 yang diapresiasi langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada masanya, Susi Pudjiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Sering banget kita menangkap baby lobster, karena memang itu dilarang untuk diimpor ke luar negeri, tapi ternyata tau-tau besoknya kita nangkep lobster yang besar-besar," ujar Erwin dalam acara pisah sambut dirinya di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (6/11/2019) malam.

Tak hanya itu, di bawah kepemimpinannya, Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta kerap kali berhasil menggagalkan berbagai upaya penyelundupan narkotika berbagai jenis menggunakan modus yang bermacam-macam.

Mulai dari dimasukkan ke dalam dubur maupun vagina, hingga yang terakhir bermodus pengiriman sarang burung.

"Selama di Bandara Soekarno-Hatta, bersama komunitas Bandara Soetta, kita terus bersinergi untuk mengamankan Bandara Soetta ini sesuai tugas dan fungsi masing-masing, saya sangat bangga, saya pimpinan Bea Cukai paling muda, tapi bisa ngasih masukan di institusi lain, Itulah kombata," tutur Erwin.

Ia berharap, apa yang sudah dirinya lakukan di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta dapat bermanfaat untuk berbagai penegahan barang terlarang maupun ilegal yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

"Juga doakan saya agar ketika nanti bertugas di Kantor Bea Cukai Maluku dapat juga mengemban amanat dengan baik," tandasnya.

LINK Live Streaming Semen Padang Vs Persija Jakarta: Tekad Kabau Sirah Keluar Zona Degradasi

242 Siswa SD di Tebet Terima Kartu Identitas Anak

Erwin sendiri resmi dipindahtugaskan menjadi Kepala Kantor Bea Cukai Maluku sejak tanggal 1 November 2019 kemarin.

Pelepasan dilakukan pada Rabu (6/11/2019) malam di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta tersebut dibuka dengan tarian khas Sumatera Utara, tempat kelahiran Erwin dipadukan dengan Tarian Khas Jakarta.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved