Fraksi PSI Pertanyakan Formula E Masuk Event Prioritas Gubernur DKI Jakarta

event ini juga tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan list program percepatan pelaksanaan kegiatan strategis daerah

Fraksi PSI Pertanyakan Formula E Masuk Event Prioritas Gubernur DKI Jakarta
Istimewa/Facebook Anies Baswedan
Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E pada 2020 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Rencana penyelenggaran balap mobil formula E yang digelar di Jakarta oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuai kritikan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI secara tegas mendesak Pemprov untuk membatalkan event yang digelar 2020 itu.

Hal itu diungkapkan oleh anggota komisi C DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, Anthony Winza Prabowo, ia mengatakan anggaran tengah dalam keadaan defisit, sehingga lebih baik dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.

Apalagi dana yang digunakan oleh dalam pembuatan event tahunan itu mencapai Rp 1 triliun yang hanya berpusat dalam satu kawasan saja.

"Saya pikir lebih bijak menganggarkan prioritas-prioritas kebutuhan masyarakat yang lebih penting. Contohnya dengan mengunakan anggaran untuk merehab gedung sekolah," kata Anthony, Kamis (7/11/2019).

Menurut Anthony, jika Pemprov DKI ingin mengedepankan Formula E sebagai bentuk mendorong pengunaan mobil listrik, seharusnya dapat mengunakan cara-cara lain yang lebih bijak, bukan dengan membuat event-event internasional seperti Formula E.

"Misalnya kita kedepankan infrastruktur penunjang mobik listrik. Misalnya membangun charging mobil listrik, itu bisa ribuan lebih dengan dana triliunan, atau kita beli bus listrik, jika tujuanya ke sana," katanya.

Selain itu, event ini juga tidak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan list program percepatan pelaksanaan kegiatan strategis daerah.

Sehingga tentunya hal itu menjadi pertanyaan, kenapa event Formula E masuk prioritas Gubernur DKI.

"Kalo misalnya mau gaya-gaya di Internasional biar keliatan kaya bisa menyelenggarakan ini, padahal di dalamnya kita ini miskin, masih kurang uang, apakah ini pantas," ujarnya.

PSI Desak Gubernur Anies Baswedan Batalkan Balap Formula E di Jakarta

Padahal, menurut dia, masih banyak masyarakat yang lebih penting untuk pengunaan dana Formula E ini dialokasikan ke pembangunan, misalnya dengan pembuatan pipa air ataupun menganggarkan fasilitas-fasilitas sekolah.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved