DPRD DKI Berjanji Kebut Proses Pemilihan Wagub Usai Pembahasan RAPBD

Proses pemilihan Wagub DKI pendamping Anies Baswesan ini sendiri nantinya akan dimulai dengan pembahasan tata tertib (tatib).

DPRD DKI Berjanji Kebut Proses Pemilihan Wagub Usai Pembahasan RAPBD
WARTA KOTA/AHMAD SABRAN
Gedung DPRD DKI Jakarta 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani berjanji akan segera mengebut proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Anak dari Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan ini pun menyebut, pembahasan soal pemilihan Wagub yang sempat tertunda akan segera dilanjutkan setelah anggota dewan tuntas menyelesaikan masalah anggaran DKI Jakarta tahun 2020.

Ajukan Nama Sekda Saefullah Jadi Cawagub DKI, Gerindra Sebut Tak Perlu Minta Izin Anies

"Segera (dibahas lagi) setelah agenda pembahasan RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2020 selesai," ucapnya, Minggu (10/11/2019).

Proses pemilihan Wagub DKI pendamping Anies Baswesan ini sendiri nantinya akan dimulai dengan pembahasan tata tertib (tatib).

Untuk itu, ia mengaku masih akan bertanya dan mempelajari tatib pemilihan Wagub DKI bersama dengan pimpinan dewan lainnya yang lebih senior.

Pasalnya, saat penyusunan tatib di periode DPRD DKI sebelumnya, Zita tidak ambil bagian.

"Saya perlu berkonsultasi dengan pimpinan dewan yang lain. Apakah tatib kemarin itu dilanjutkan atau tatib baru lagi," ujarnya saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui, posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong sejak Sandiaga Uno mengundurkan diri pada Agustus 2018 lalu.

PKS sebagai pengusung Anies-Sandi pada Pilgub 2017 lalu sebenarnya sudah mengajukan dua nama Wagub, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Namun, pemilihan Wagub DKI terhenti setelah masa bakti anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 berakhir pada 26 Agustus 2019 lalu.

Gerindra yang juga merupakan partai pengusung Anies-Sandi pun tiba-tiba mengajukan emat sosok baru ke bursa Cawagub.

Dari empat figur yang diajukan Gerindra, terselip nama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah atau Bang Ipul.

Selain itu, ada juga nama Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, dan Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Riza Patria.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved