Sistem Pembayaran Retribusi Sampah di Kota Tangerang Akan Berbasis Digital

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, berencana menerapkan sistem payment atau pembayaran digital untuk biaya retribusi sampah.

Sistem Pembayaran Retribusi Sampah di Kota Tangerang Akan Berbasis Digital
TribunJakarta/Suci Febriastuti
Stand Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) di Anjungan Pemerintah Provinsi Jakarta, Jakarta Fair Kemayoran 2018, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, berencana menerapkan sistem payment atau pembayaran digital untuk biaya retribusi sampah.

Hal itu untuk menekan adanya kebocoran retribusi sampah yang diberikan masyarakat ke setiap RT dan RW.

Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada mengatakan, wancana penerapan pembayaran digital dalam retribusi sampah sedang proses pengkajian.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan pihak Kominfo untuk masalah teknis.

"Retribusi dengan menggunakan sistem payment adalah rencana kami, karena melihat dari data bahwa ada 12 kelurahan yang retribusi sampahnya rendah. Maka itu wancana sistem payment diharapkan untuk menutup kebocoran retrebusi sampah," ujar dia saat dihubungi, Minggu (10/11/2019).

Dedi menambahkan, yang dimaksud retribusi sampah adalah iuran yang diberikan masyarakat ke pihak RT atau RW.

Selanjutnya, dari RT akan diserahkan ke pihak kelurahan.

Tetapi memang ada 12 kelurahan sampai saat ini retribusinya tidak sesuai target, maka itu sistem pembayaran digital diharapkan bisa menutup kekurangan seperti sekarang ini.

"Saya tidak tahu apakah disampaikan oleh pihak RT atau RW ke kelurahan, karena masyarakat pasti melakukan pembayaran. Apalagi iuran setiap bulan hanya Rp 20 ribu paling besar, pasti sangat ringan bagi masyarakat. Saya tidak mau menyalahkan siapapun, hanya saja sudah menjadi kewajiban pihak kelurahan melakukan pembayaran retribusi dari masyarakat," papar Dedi.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved