Jadi Pelopor Kampus Ramah Lansia, Urindo Launcing Sekolah Ramah Lansia dan Sekolah Caregiver

Universitas Respati Indonesia (Urindo) melaunching sekolah lansia dan sekolah caregiver (pendamping lansia), Senin (11/11/2019).

Jadi Pelopor Kampus Ramah Lansia, Urindo Launcing Sekolah Ramah Lansia dan Sekolah Caregiver
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Suasana launching kampus ramah lansia pertama di Indonesia, yakni di Universitas Respati Indonesia, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Universitas Respati Indonesia (Urindo) melaunching sekolah lansia dan sekolah caregiver (pendamping lansia), Senin (11/11/2019).

Urindo yang terletak di Jalan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur sebelumnya diketahui memberanikan diri sebagai kampus ramah lansia pertama di Indonesia.

Urindo Ramah Lansia ini kemudian diresmikan langsung oleh Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Edi Suharto, saat Wisuda Mahasiswa Tahun 2019 di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (26/9/2019) lalu.

Sebagai pelopor pertama, bukti nyatanya diwujudkan pada hari ini di Kampus B dan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan serta 27 lansia dari Kelurahan Bambu Apus.

"Jadi kita mulai dulu di Kelurahan Bambu Apus karena Urindo berlokasi di sini. Untuk pesertanya, harusnya satu angkatan itu 25 orang. Karena ada penambahan 2 orang lagi, maka dimasukan angkatan pertama," kata Kepala Sekolah Lansia Urindo, Dr Tri Suratmi di lokasi, Senin (11/11/2019).

Fakhri Husaini Pamit dari Timnas U-19 Indonesia, Begini Respon Bagus Kahfi dan Ketum PSSI Iwan Bule

Selain itu, berdirinya sekolah ramah lansia ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Urindo Nomor 272/SK.R/UNR/X/2019 tanggal 28 Oktober 2019.

Selanjutnya, kampus ramah lansia ini juga menjadi bagian dari program Pusat Kajian Keluarga dan Kelanjutusiaan Urindo yang dikenal dengan CeFAS yang didirikan tahun 2018, yang dipimpin oleh Dr Sudibyo Alimoeso.

Untuk memperluas kesempatan lansia untuk belajar mandiri dan produktif, kampus ramah lansia ini juga bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Ramah Lansia.

Sementara itu, sekolah caregiver (pendamping lansia) juga dihadirkan oleh Urindo untuk memberikan pembinaan bagi anak muda yang putus sekolah di lingkungan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved