Orangtua Mengalami Penurunan Nafsu Makan di Usia Senja, Ini yang Harus Anda Lakukan

penting bagi kita untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari orangtua di rumah kehilangan nafsu makan di usia senja

Orangtua Mengalami Penurunan Nafsu Makan di Usia Senja, Ini yang Harus Anda Lakukan
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Pemaparan Dokter spesialis Geriatri Purwita Wijaya Laksmi mengenai Malnutrisi pada lansia dalam workshop bertemakan Hidupkan Mimpi Yang Tertunda bersama Nestle Boost Optimum di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Penurunan nafsu makan di usia senja, seringkali dirasakan oleh setiap orang.

Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak pada terjadinya ketidakcukupan gizi atau malnutrisi pada tubuh yang terjadi di usia lanjut.

Adapun Malnutrisi pada lansia ini dapat mengakibatkan beberapa resiko.

Seperti penurunan berat badan, mudah lelah, tidak berenergi, kehilangan massa dan kekuatan otot, daya ingat yang melemah, kerentaan, mudah terkena sakit, perlu waktu lama untuk proses penyembuhan, serta ketergantungan terhadap orang lain.

Untuk mengatasi hal ini, Dokter spesialis Geriatri Purwita Wijaya Laksmi menjelaskan penting bagi kita untuk mengetahui secara pasti apa penyebab dari orangtua di rumah kehilangan nafsu makan di usia senjanya.

Sebab, seiring bertambahnya usia banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut. Diantaranya adalah faktor fisik dan psikis.

"Tips untuk merangsang nafsu makan, kita cari tahu dulu kenapa nafsu makannya turun. Misalnya konsumsi obat karena penyakit tertentu, atau giginya tidak ada, cari tau penyebabnya," kata dr. Purwita usai acara workshop bertemakan Hidupkan Mimpi Yang Tertunda bersama Nestle Boost Optimum di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019).

Menurut dr. Purwita, biasanya orang di usia lanjut beresiko mengalami beberapa penurunan fungsi tubuh.

Seperti kesehatan gigi yang buruk, gusi menciut hingga gangguan mengunyah, ataupun berkurangnya fungsi indra pengecap, atau gangguan dalam merasakan makanan.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved