Puluhan Kelurahan di DKI Jakarta Mendapat Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kemenkumham

Total 31 kelurahan dari 24 kecamatan di lima Pemkot DKI Jakarta mendapat penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Puluhan Kelurahan di DKI Jakarta Mendapat Penghargaan Anubhawa Sasana dari Kemenkumham
Warta Kota/Andika Panduwinata
Lurah Krendang, Jakarta Barat, Andre Ravnic, salah satu yang memperoleh penghargaan. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Total 31 kelurahan dari 24 kecamatan di lima Pemkot Administrasi DKI Jakarta mendapat medali penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan di Balai Agung, Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (12/11/2019) siang.

Kepala Biro Hukum pada Sekretariat Daerah DKI Jakarta, Yayan Yuhanah dalam sambutannya mengatakan kelurahan itu menerima penghargaan tersebut karena masuk kategori Kelurahan Sadar Hukum.

Kata dia, kegiatan tersebut diluncurkan atas kolaborasi bersama antara Pemprov DKI Jakarta dan Kemenkumham RI.

5 Fakta Anggota Polisi & Mobilnya Diamuk Massa di Pasar Minggu, Diduga Mabuk Lalu Serempet Orang

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik program Kelurahan Sadar Hukum yang merupakan kebijakan Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai acuan semua pihak melihat kinerja perangkat Pemerintah Daerah (Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan) dalam melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan di wilayahnya masing-masing,” kata Yayan pada Selasa (12/11/2019).

Yayan mengatakan, dari 44 kecamatan dan 267 kelurahan di wilayah DKI Jakarta, sudah ada 199 kelurahan telah ditetapkan sebagai Kelurahan Sadar Hukum.

Sampai dengan tahun 2018 lalu, sebanyak 168 kelurahan telah diresmikan sebagai Kelurahan Sadar Hukum, dan bertambah sebanyak 31 kelurahan di tahun 2019 ini.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu sampai tahun 2015, terdapar 2 Kecamatan dan 6 Kelurahan sudah diresmikan sebagai Kelurahan Sadar Hukum.

“Penghargaan yang diberikan kepada Kecamatan dan Kelurahan di Provinsi DKI Jakarta ini, akan menjadi landasan konkret bagi para Camat dan Lurah dalam melaksanakan tugasnya, serta sekaligus menjadi panutan masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk taat hukum dan taat azas,” ujar Yayan.

Sebelum Bacok Satpam di Cilincing Hingga Tewas, Geng Motor Oyy-Oyy Jarah Warung & Tusuk Driver Ojol

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiono menjelaskan, Kelurahan Sadar Hukum adalah Kelurahan yang telah dibina atau karena Swakarsa dan Swadaya memenuhi kriteria sebagai kelurahan sadar hukum.

Halaman
12
Editor: Suharno
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved