UMK Bekasi 2020

Gelar Unjuk Rasa, Buruh Tagih Janji Wali Kota Klaim Sepakat Naikkan UMK Bekasi 2020

Sejumlah buruh dari beberapa serikat pekerja melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Disnaker , Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bekasi.

Gelar Unjuk Rasa, Buruh Tagih Janji Wali Kota Klaim Sepakat Naikkan UMK Bekasi 2020
TRIBUNJAKARTA.COM/Yusuf Bachtiar
Aksi unjuk rasa sejumlah serikat buruh di depan Kantor Disnaker, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis, (14/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Sejumlah buruh dari beberapa serikat pekerja melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis, (14/11/2019).

Mereka melakukan aksi untuk mengawal proses rapat pembahasan kenaikan UMK Bekasi 2020 yang dilakukan dewan pengupahan Kota Bekasi yang berlangsung hari ini.

Adapun sampai saat ini, APINDO belum mengutarakan keinginan nilai kenaikan UMK Bekasi 2020.

Baru ada dari serikat buruh yang menginginkan kenaikan sebesar 15 persen lebih tinggi dari formulasi kenaikan yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) sebesar 8,51 persen.

Sekertaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Bekasi, Parno, mengatakan, pihaknya menolak kenaikan upah sesuai surat edaran Menaker.

Sebab, formulasi itu dibuat atas PP Nomor 78 yang selama ini ditolak sejumlah serikat buruh sejak pertama kalai diterbitkan beberapa tahun lalu.

Dari hasil survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL),UMK Bekasi 2020 seharusnya naik di 15 persen atau sekitar Rp 4,8 juta dari UMK saat ini yakni, Rp 4,2 juta per bulan.

"Bahwa dari hasil survei tersebut angka penyesuaian tahun 2020 tentang upah minimum kabupaten kota, khususnya Kota Bekasi adalah 15 persen," kata Parno di kantor Disnaker Kota Bekasi, Selasa, (14/11/2019).

Parno menyebutkan, pada saat aksi yang digelar 29 Oktober 2019 lalu, pihaknya telah bertemu dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved