2 Ekor Anjing Herder yang Dihadiakan untuk Polres Metro Jakarta Pusat Bakal Dilatih Mendeteksi Bom

Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Susatyo, mengatakan kedua anjing ini akan dilatih melacak bom atau bahan peledak lain.

2 Ekor Anjing Herder yang Dihadiakan untuk Polres Metro Jakarta Pusat Bakal Dilatih Mendeteksi Bom
TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Susatyo Purnomo (kedua kanan) dan Aktris Indonesia, Devina Veronica (paling kanan), saat serah terima dua anjing herder di area kantor Polres Metro Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMAYORAN - Polres Metro Jakarta Pusat dihadiahkan dua anjing herder berusia dua tahun dari yayasan pecinta hewan, Natha Satwa Nusantara.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Susatyo, mengatakan kedua anjing ini akan dilatih melacak bom atau bahan peledak lain.

"Akan kami latih untuk bisa mendeteksi bahan peledak dan sebagainya, sehingga bisa bermanfaat bagi semua," ucap Susatyo, kepada awak media, di kantor Polres Metro Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Nantinya, lanjut dia, dua anjing herder ini akan disekolahkan terlebih dulu di Direktorat Satwa Mabes Polri.

"Karena Kepolisian juga punya sekolah itu, di Direktorat Satwa Mabes Polri, di K-9 ya," ucapnya.

Susatyo menyatakan, dua anjing tersebut akan sangat berguna bagi kepolisian dan masyarakat. Mengingat insiden peledakan bom di Polrestabes Medan, Sumatra Utara, beberapa hari lalu.

"Tentunya keberadaan anjing ini juga bermanfaat bagi manusia. Khususnya bagi kepolisian untuk mendeteksi hal-hal yang mungkin saat ini sedang tren, terjadi peledakan kantor polisi dan sebagainya, akan dimanfaatkan untuk sebaik-baiknya," ucap Susatyo.

Dia mengatakan, pemberian dua anjing ini juga sebagai hal baru yang dialami Polres Metro Jakarta Pusat. Pun sebagai koleksi anjing penyelemat (rescue) pertama.

"Ini koleksi anjing pertama bagi Polres Metro Jakarta Pusat. Apakah nantinya akan diterapkan kepada polsek-polsek, nanti kita lihat. Karena seyogianya memang untuk K-9 ini adanya di Polda," katanya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved