Persija Jakarta

Pelatih Persija Jakarta Kerap Merotasi Posisi Pemain Macan Kemayoran, Ternyata Ini Tujuannya

Eksperimen menempatkan pemain di posisi baru menjadi pemandangan yang kerap terlihat dalam beberapa pertandingan terakhir

Media Persija
Tim Persija Jakarta melakukan foto bersama sebelum menghadapi Tira Persikabo di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (3/11/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Starting eleven Persija Jakarta kerap berganti dalam setiap pertandingan sejak dilatih Edson Tavares.

Eksperimen menempatkan pemain di posisi baru menjadi pemandangan yang kerap terlihat dalam beberapa pertandingan terakhir.

Posisi bek kanan yang biasanya menjadi langganan Ismed Sofyan sempat diisi oleh Novri Setiawan yang sebenarnya lebih lihai bermain di sektor kiri.

Riko Simanjuntak yang dikenal sebagai pemain sayap lincah, juga pernah diberikan peran free-role di area tengah lapangan.

Tiga pemain muda Persija U-20 seperti Taufik Hidayat, Resky Fandi, dan Adrianus Dwiki Arya Purnomo pun diberikan kesempatan bermain.

Semua rotasi di atas adalah cara Edson Tavares mengakali jadwal padat Liga 1 yang menurutnya tak masuk akal.

"Kami sudah pernah mencoba Novri di (bek) kanan. Saat Ismed kembali, jadi saya pasang dia (Ismed) di kanan lagi," kata Edson Tavares.

"Saya juga sudah coba Resky (menggantikan) Rezaldi Hehanussa, Tony (Sucipto) di kanan. Itu adalah rotasi."

Jelang Persija Vs Persela: Macan Kemayoran Diuntungkan oleh Absennya Pilar Laskar Joko Tingkir

"Di tengah saya pasang Ryuji (Utomo), Dwiki juga saya mainkan. Riko juga saya istirahatkan tak main satu laga. Sandi Sute juga diistirahatkan di laga lainnya," katanya lagi.

Selain untuk mengakali jadwal padat, eksperimen mencoba pemain di posisi berbeda juga adalah bentuk investasi klub.

Di masa depan klub bisa mendapat keuntungan saat beberapa pemain ternyata lihai bermain di beberapa posisi alias versatile.

"Tentu saja ada pemain penting seperti (Marko) Simic, Xandao (Alexandre Luiz Reame), Fachruddin (Aryanto), dan Novri," tutur pelatih asal Brasil.

"Mereka tak harus beristirahat karena mereka pemain penting. Pemain lain kami rotasi. Shahar misalnya akan memainkan laga keduanya di bawah saya (kontra Persela Lamongan)," ucapnya.

"Karena Andritany (Ardhiyasa) ke timnas dan dia kapten. Semoga laga selanjutnya tak kelelahan dan kami bisa melakukan rotasi yang berbeda," katanya berharap.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved