Petugas Kewalahan, Pengangkutan Sampah Kali Jambe Tambun Bekasi Dihentikan Sementara

Hal ini diakibatkan lantaran ketiadaan alat berat yang membuat petugas kewalahan mengangkut sampah secara manual.

Petugas Kewalahan, Pengangkutan Sampah Kali Jambe Tambun Bekasi Dihentikan Sementara
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Petugas saat melakukan pembersihan sampah di Kali Jambe Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Proses pengangkutan tumpukan sampah yang memenuhi Kali Jambe dekat Tol Jakarta Cikampek, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan Dihentikan sementara.

Hal ini diakibatkan lantaran ketiadaan alat berat yang membuat petugas kewalahan mengangkut sampah secara manual.

"Sejak kemarin kita hentikan, sebelumnya kita memang sudah mulai pengangkutan sampah sejak Senin, (11/11/2019), tapi karena kendala alat berat kita setop dulu," kata Camat Tambun Selatan, Junaefi saat dikonfimasi, Jumat, (15/11/2019).

Selama proses pengangkutan sampah yang berlangsung sejak senin, pihaknya menerjunkan puluhan personel gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Polisi hingga TNI serta, satu unit alat berat dan 10 truk pengangkut sampah.

"Kita butuh yang long arm (alat berat) satu alat berat yang kemarin kita pakai itu yang pendek sulit untuk menjangkau sampah, makanya perlu tenaga manusia juga buat mendorong," ujarnya.

Awalnya, Junaefi menyebut akan meminjam alat berat kepada PT. Wika yang sedang melakukan kegiatan dekat lokasi tumpukan sampah.

Tetapi, alat berat itu rupanya tengah digunakan dan tidak bisa untuk fokus mengangkut sampah.

"Secepatnya kita penginnya. Mudah-mudahan di sana dia sudah selesai. Memang untuk Pemkab Bekasi kita punyanya beko yang pendek. Tapi insya Allah di tahun 2020 ini akan ada pengadaan untuk long arm," ujarnya.

Kali Jambe dalam beberapa bulan terkahir memang kerap dijumpai tumpukan sampah dengan jumlah besar.

Pertama, hal serupa terjadi di aliran kali di wilayah Desa Mangunjaya Kecamahan Tambun Selatan, kedua di Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Utara.

Kali ini, tumpukan sampah ditemukan berada di dekat Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Sampah ini didominasi plastik, styrofoam, hingga limbah domestik lainnya.

Terdapat juga sampah seperti batang kayu besar, kayu bekas, kasur hingga karton bekas pembungkus.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved