Masuki Musim Hujan, BPBD Tangsel Waspadai Banjir dan Longsor di Wilayah Ini

dua minggu belakangan, Tangsel mulai memasuki pancaroba dan curah hujan tinggi di tangerang selatan.

Masuki Musim Hujan, BPBD Tangsel Waspadai Banjir dan Longsor di Wilayah Ini
Kompas Travel
Ilustrasi Hujan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan (Tangsel) sudah memetakan daerah yang rawan mengalami banjir dan longsor saat memasuki musim hujan.

Seperti diketahui, dua minggu belakangan, Tangsel mulai memasuki pancaroba dan curah hujan meninggi.

"Memasuki musim penghujan, BPBD kota Tangerang Selatan sudah memiliki data mengenai wilayah rawan bencana seperti banjir, longsor maupun pohon tumbang akibat angin kencang," ujar Kasie Kedaruratan BPBD Tangsel, Ade Wahyudi, saat dihubungi awak media, Jumat (15/11/2019).

Dari tujuh kecamatan, ada empat yang diwaspadai rawan bencana saat musim hujan.

"Titik rawan bencana di kota Tangerang Selatan terdapat di kecamatan Setu, pondok Aren, Pamulang, Ciputat Timur. Di wilayah tersebut hanya beberapa titik saja dan bukan seluruh wilayah kecamatan," jelasnya. 

Ade menyebutkan, bencana yang diwaspadai adalah banjir di empat kecamatan itu, sedangkan Setu menjadi perhatian karena juga ada potensi longsor.

"Terutama banjir. Di kecamatan Setu juga rawan longsor," jelasnya. 

Khusus banjir, Ade mengatakan, penyebabnya adalah curah hujan tinggi dan kiriman dari wilayah lain melalui aliran sungai.

"Banjir di kota Tangerang Selatan diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan juga banjir kiriman dari wilayah lain," jelasnya.

Dengan terpetakannya potensi bencana saat musim hujan itu, BPBD melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan sejumlah dinas dan pemerintah tingkat kecamatan serta kelurahan.

"Melakukan koordinasi dengan dinas terkait, kelurahan, kecamatan serta dengan relawan dan masyarakat setempat. BPBD juga melakukan monitoring di wilayah-wilayah tersebut," ujarnya

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved