BPIP Sebut Milenial Indonesia Sudah Krisis Ideologi Pancasila karena Budaya Korea

Generasi milenial Indonesia sudah krisis mental yang sudah tidak mengedepankan kesopanan, etika dan tata krama dalam bersosialisasi.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melaksanakan diskusi Gotong-royong Dalam Membumikan Pancasila di Bandara International Hotel by Accor Hotels, Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (19/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengklaim kalau milenial Indonesia sudah terpapar budaya luar negeri terutama budaya Korea.

Hal itu membuat para penerus bangsa minim pengetahuan Pancasila sebagai pemersatu bangsa yang menyebabkan krisis identitas dan akhlak baik.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Lia Kian mengatakan kalau jajarannya akan menggalakan pendidikan Pancasila sejak dini dan tes masuk untuk menjadi anggota operator perangkat daerah (OPD).

BPIP Rekomendasi Pendidikan Pancasila Masuk Tes Rekrutmen CPNS dan PAUD

"Kenapa harus dikembangkan lagi pendidikan pancasila itu dari sisi budaya, budaya Korea menjamur, budaya barat menjamur, narkoba di mana-mana, LGBT meluas, tambah lagi teknologi yang enggak kefilter," ujar Lia di Bandara International Hotel by Accor Hotels, Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (19/11/2019).

Bahkan, Lia mengatakan kalau generasi milenial Indonesia sudah krisis mental yang sudah tidak mengedepankan kesopanan, etika dan tata krama dalam bersosialisasi.

Menurutnya, fenomena yang mengancam pribadi Indonesia itu karena derasnya asupan budaya negara lain tanpa diseimbangi oleh pendidikan Pancasila.

"Krisis mental iya, krisis pembangunan karakter juga iya. Itu semua terjangkiti dari masyarakat umum, hedonisme di mana-mana, individualisme di mana-mana. Ini kayak air sudah keruh saja," kata Lia.

Berangkat dari fenomena itu, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merekomendasikan tes pengetahuan Pancasila masuk dalam proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tak hanya tes mengenai Pancasila di rekrutmen CPNS, BPIP juga merekomendasikan pendidikan Pancasila sejak usia dini yakni di tingkat Paud.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved