Breaking News:

Pameran 70 Tahun Hubungan Indonesia-Australia: Kisah Molly Hingga Tukliwon Saat Kemerdekaan RI

Dalam masa mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang kembali datang, Indonesia tak berjuang sendirian.

TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas
Suasana Pameran Hubungan Indonesia-Australia di Galeri Nasional yang berlangsung hingga 30 November pada Selasa (19/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dalam masa mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang kembali datang, Indonesia tak berjuang sendirian.

Salah satu negara yang mendukung Indonesia untuk mempertahankan tanah airnya adalah Australia.

Bukti-bukti sejarah hubungan kedua negara itu dapat disaksikan di Pameran Two Nations: a Friendship is Born yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Kedubes Australia.

Suasana Pameran Hubungan Indonesia-Australia di Galeri Nasional yang berlangsung hingga 30 November pada Selasa (19/11/2019).
Suasana Pameran Hubungan Indonesia-Australia di Galeri Nasional yang berlangsung hingga 30 November pada Selasa (19/11/2019). (TribunJakarta/Satrio Sarwo Trengginas)

Pameran itu juga dikuratori oleh Australian National Maritime Museum.

Duta Besar Australia H.E Gary Quinlan AO dalam sebuah pesannya di salah satu sudut panel pameran tertulis bahwa hubungan diplomatik antara Indonesia dan Belanda telah terjalin lama.

Bahkan, dukungan itu jauh sebelum mendapatkan pengakuan resmi Kedaulatan Indonesia.

Dukungan Australia diwujudkan dengan membantu melobi atas nama Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru dibentuk.

Gary meneruskan, pihak Australia dipilih oleh Indonesia sebagai wakilnya dalam negoisasi di PBB hingga mengantarkannya kepada kemerdekaan.

Di panel-panel yang bisa disaksikan di Galeri Nasional yang berlangsung hingga 30 November itu menyimpan beberapa kisah terkait sejarah hubungan Indonesia-Belanda.

Halaman
1234
Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved