Air Tanah Berasa Asin di Kepulauan Seribu, Warga Harus Beli Air Bersih ke Penjaringan Jakarta Utara

Warga Kabupaten Kepulauan Seribu yang wilayah pulaunya diapit lautan, kerap kesulitan air bersih dan harus membeli hingga ke Penjaringan Jakarta Utara

Air Tanah Berasa Asin di Kepulauan Seribu, Warga Harus Beli Air Bersih ke Penjaringan Jakarta Utara
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ilustrasi. Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di Pulau Harapan RT 001/RW 01, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu. 

TRIBUJAKARTA.COM - Warga Kabupaten Kepulauan Seribu yang wilayah pulaunya diapit lautan, kerap kesulitan air bersih.

Air yang selama ini berada di daratannya sekarang, kian payau, bahkan air rasanya asin, sehingga warga membeli air isi ulang dari daratan Pelabuhan Kali Adem, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Seperti yang diungkapkan oleh Jamaludin (48), tokoh masyarakat di Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Bila air tanah terasa asin, mereka akan beralih memakai air baku, yang dibeli seharga Rp 25.000 per meter kubik.

“Sekarang kondisi air tanahnya sudah asin, karena masih masuk musim kemarau,” kata Jamaludin, saat ditemui di Pulau Payung pada Rabu (20/11/2019).

820 Meter Kubik Puing Bangunan Gusuran di Sunter Agung Perkasa Dibuang ke Bantargebang

Menurut dia, air merupakan sumber kehidupan karena segala aktivitas masyarakat sangat bergantung pada air. Selain untuk diminum, air juga digunakan untuk keperluan masak, mencuci, mandi dan sebagainya.

“Kondisi ini sudah dirasakan oleh 193 warga dari 58 Kepala Keluarga (KK) di Pulau Payung. Apalagi musim kemarau ini sudah berjalan enam bulan lebih,” ujarnya.

Kata dia, kondisi ini membuat warga lebih selektif untuk memakai air baku yang dibeli dari daratan. Air tawar itu justru hanya dipakai untuk minum dan masak saja.

“Ada juga yang ngambil dari sumur (tanah) untuk masak dan minum, yah untuk menjaga di akhir nanti bila ada kekurangan air di sumur alam itu,” ungkapnya.

Korban Gusuran di Sunter Agung Tagih Janji Kampanye: Kami Pendukung Anies Katanya Gak Ada Gusuran

Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Husein Murad mengakui, warganya memang kerap dilanda kesulitan air bersih, walau diapit oleh lautan.

Halaman
123
Editor: Suharno
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved