Meski Dilarang, Masih Banyak Warga Gunakan Skuter Listrik Saat CFD

Para petugas Satpol PP yang berada di sekitar lokasi itu pun tampak membiarkan skuter listrik itu melintas di kawasan CFD.

Meski Dilarang, Masih Banyak Warga Gunakan Skuter Listrik Saat CFD
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Seorang pengguna skuter listrik tampak sedang nelintas di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di dekat f(X) Sudirman, Jakarta Pusat, saat pelaksanaan CFD, Minggu (24/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah melarang penggunaan skuter listrik saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin.

Meski demikian, ternyata masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan ramah lingkungan itu saat pelaksanaan CFD.

Pantauan TribunJakarta.com sekira pukul 10.30 WIB, sejumlah pengguna skuter listrik tampak mondar- mondar melintas di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di dekat f(X) Sudirman, Jakarta Pusat.

Para petugas Satpol PP yang berada di sekitar lokasi itu pun tampak membiarkan skuter listrik itu melintas di kawasan CFD.

Tampak mereka tidak memberikan teguran ataupun imbauan kepada pengguna skuter listrik itu untuk tidak memasuki kawasan CFD.

Usai pelaksanaan CFD pun, para pengguna skuter listrik tampak masih lalu lalang di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin.

Pantauan TribunJakarta.com di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), terlihat beberapa orang pengguna skuter listrik melintas di atas trotoar di kawasan itu.

Hal ini tentunya sangat membahayakan para pejalan kaki yang juga berada di atas trotoar itu.

Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun Tanam 1.000 Tumbuhan Apotek Hidup di Bantaran Sungai Ciliwung

Dishub DKI Jakarta sendiri mengeluarkan larangan penggunaan skuter listrik di kawasan CFD dengan merujuk pada UU Nomor 2 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dimana dalam Pasal 1 ayat 8 disebutkan bahwa 'Kendaraan bermotor adalah setiap kendaraan digerakkan oleh peralatan mekanik berupa mesin selain kendaraan yang berjalan di atas rel'.

Merujuk pada definisi kendaraan bermotor tersebut, maka Dishub DKI pun mengkategorikan skuter listrik sebagai kendaraan bermotor.

Ini berarti, skuter listrik tidak diizinkan masuk ke kawasan CFD meskipun kendaraan tersebut ramah lingkungan.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved