Breaking News:

Guru Jadi Ujung Tombak Pembangunan SDM, Harapan Ketua DPR Puan Maharani Sambut Hari Guru Nasional

Menurut Puan, guru memiliki peran penting sebagai ujung tombak pembangunan SDM yang menjadi fokus program pemerintah saat ini.

Editor: Wahyu Aji
Instagram @puanmaharaniri
Ketua DPR RI Puan Maharani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani memiliki harapan besar dalam peringatan Hari Guru pada Senin (25/11/2019).

Menurut Puan, guru memiliki peran penting sebagai ujung tombak pembangunan SDM yang menjadi fokus program pemerintah saat ini.

“Guru adalah pondasi pembangunan SDM. Karena itu pemerintah wajib meningkatkan kesejahteraan serta kapasitas dan kompetensi-nya. Kami mengucapkan selamat Hari Guru. Bagi kami para wakil rakyat di DPR, profesi guru merupakan pekerjaan yang memiliki peran yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Puan Maharani di Jakarta, Senin.

Selama ini Puan melihat besarnya beban para guru belum sebanding dengan kesejahteraan hidup mereka karena masih banyak guru yang harus berjuang dengan penghasilan minim dan status honorer.

Sebagai Ketua DPR, Puan mendorong pemerintah segera mengangkat para guru honorer yang dinyatakan lulus tes pada Februari 2019 sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Masalah ini sudah pernah dibahas dalam Raker komisi II. Mereka sudah meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera menangani persoalan ini," kata Puan.

Sejauh ini BKN beralasa masih terkendala regulasi. Sedangkan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebagai pembuat regulasi belum mengeluarkan keputusan tersebut.

"Karena itu DPR mendorong pemerintah agar segera mengeluarkan regulasi tentang pengangkatan guru honorer yang telah lulus tes pada Februari 2019 lalu sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," kata Puan.

Kompetensi dan Kapasitas Guru Perlu Ditingkatkan

Puan Maharani juga meminta pemerintah melakukan program peningkatan kompetensi dan kapasitas guru.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved