Pemberlakuan Tilang di Jalur Sepeda

Tak Hanya Berjaga di Satu Tempat, Polisi Lakukan Patroli Pelanggar Jalur Sepeda di Jakarta Selatan

Dalam menindak pelanggar, polisi hanya melakukan patroli. Menurutnya, diperlukan banyak personel jika harus berjaga di satu titik tertentu.

Tak Hanya Berjaga di Satu Tempat, Polisi Lakukan Patroli Pelanggar Jalur Sepeda di Jakarta Selatan
TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM
Kasat Lantas Polres Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo saat ditemui di kawasan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo mengatakan pihaknya tidak akan berjaga di satu titik untuk menindak pelanggar jalur sepeda.

Dalam menindak pelanggar, polisi hanya melakukan patroli.

Menurutnya, diperlukan banyak personel jika harus berjaga di satu titik tertentu.

Polisi menindak pelanggar yang memasuki jalur sepeda di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).
Polisi menindak pelanggar yang memasuki jalur sepeda di Jalan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019). (TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM)

"Kalau disiagakan seperti itu tentunya memerlukan personel yang banyak sekali. Makanya kami lakukan penindakan di tempat-tempat krusial," ujar Sri saat ditemui di persimpangan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

"Jika kami menunggu di satu jalur, perlu ribuan personel mungkin," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menandatangani Pergub DKI Jakarta Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penetapan Jalur Sepeda sejak Jumat (22/11/2019).

Dengan terbitnya aturan itu, pelanggar yang menerobos jalur sepeda di atas trotoar maupun bahu jalan dengan marka garis putih utuh, bisa langsung ditindak.

Hal ini mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Dalam Pasal 284 dijelaskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda, bisa dikenakan denda Rp 500 ribu.

Halaman
1234
Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved