Modus Jadi Pedagang Asongan, Penodong di Jakarta Timur Rampas Harta WN Yaman

Modusnya menjual alat musik pianika di pinggir jalan yang sepi. Mereka berbagi tugas, ada yang berpura-pura jadi penjual dan yang satu merampas harta

Modus Jadi Pedagang Asongan, Penodong di Jakarta Timur Rampas Harta WN Yaman
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Asep Kartawijaya dan Warnoto alias Jamal kini meringkuk di sel tahanan guna mempertanggungjawabkan sebagai pelaku pencurian disertai kekerasan (Curas).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo mengatakan aksi pencurian dengan kekerasan yang dilakukan keduanya bermodus menjajakan pianika yang dijual seharga Rp 30 ribu.

"Modusnya menjual alat musik pianika di pinggir jalan yang sepi. Mereka berbagi tugas, ada yang berpura-pura jadi penjual dan yang satu merampas harta korban," kata Hery di Mapolrestro Jakarta Timur, Selasa (26/11/2019).

Asep yang lebih dulu diringkus jajaran Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur di kawasan Jatinegara bertugas menjual pianika.

Sementara Jamal yang ditangkap saat mengamen di kawasan Tugu Tani Jakarta Pusat bertugas merampas harta korban.

"Ketika ada korban yang membeli pianika baru tersangka Jamal ini muncul dan langsung mengalungkan Celurit ke leher korbannya. Korban diancam agar tidak melawan," ujarnya.

Hery menuturkan keduanya diamankan usai Atef Saleh Hamid yang tercatat warga negara Yaman jadi korban kejahatan Asep dan Jamal melapor.

Atef jadi satu korban dalam aksi yang dilakukan kedua pelaku di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara pada bulan September lalu.

"Hasil kejahatan mereka gunakan untuk beli minuman (alkohol) dan pulang kampung. Barang bukti yang diamankan celurit, dompet korban (Atef), dan baju pelaku," tuturnya.

Asep dan Jamal diganjar pasal 365 KUHP tentang Curas dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved