Sepakati Usulan Modal Rp 516,7 M, DPRD Minta PDAM Jaya Perbaiki Kualitas Air: Jangan Ada Cacing Lagi

anggaran yang diusulkan oleh PDAM Jaya ini terlalu besar, sedangkan pelayanan yang diberikan belum maksimal.

Sepakati Usulan Modal Rp 516,7 M, DPRD Minta PDAM Jaya Perbaiki Kualitas Air: Jangan Ada Cacing Lagi
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Ketua DPRD DKI Jakarta non definitif Pantas Nainggolan saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan dana penyertaan modal daerah (PMD) yang diajukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya sebesar Rp 516,7 miliar.

Dana PMD itu sendiri diusulkan oleh PDAM Jaya dalam draf Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

Meski usulan dana tersebut disetujui, namun sempat terjadi perdebatan sengit antar anggota dewan saat rapat di Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.

Beberapa anggota dewan menilai, anggaran yang diusulkan oleh PDAM Jaya ini terlalu besar, sedangkan pelayanan yang diberikan belum maksimal.

"Waktu itu sempat dijanjikan sampai rumah warga sudah betul-betul bisa diminum dan konsekuensinya seluruh pipa ganti. Tapi apa yang terjadi? Sampai hari ini tetap saja tidak layak minum," ucap anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP Pantas Nainggolan, Rabu (27/11/2019).

Terlebih, pembangunan jaringan pipa untuk menyalurkan air bersih ke warga Jakarta pun kini dilalukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan dua rekanan PDAM Jaya, yaitu Palyja dan Aetra.

"PAM dalam kapasitas tidak berdaya memenuhi kebutuhan masyarakat karena pembuatan instalasi adalah kewajiban dua mitra," ujarnya.

"Bahkan pembangunan pipanisasi dari Pondok Kopi sampai Muara Karang itu dititipkan ke SDA," tambahnya menjelaskan.

Senada dengan Pantas, Ketua Komisi D DPRD DKI dari PDIP Ida Mahmuda pun menilai anggaran yang diajukan oleh PDAM Jaya ini terlalu besar.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved