Setelah Jembatan Kerang Hijau, Kini Ada Jembatan Udang di Jakarta Utara

Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara kembali membangun jembatan bertema hewan laut di Jakarta Utara. Namanya Jembatan Udang.

Setelah Jembatan Kerang Hijau, Kini Ada Jembatan Udang di Jakarta Utara
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Jembatan Udang di Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (29/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara kembali membangun jembatan bertema hewan laut di Jakarta Utara.

Setelah sebelumnya ada Jembatan Kerang Hijau di Koja, kini ada juga Jembatan Udang di Pademangan, Jakarta Utara.

Pantauan TribunJakarta.com, Jembatan Udang melintang di atas kali yang membatasi Jalan Industri III dan Jalan Hidup Baru, Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.

Bentuk jembatan ini mirip seperti udang, dengan posisi kepala menghadap ke Jalan Hidup Baru dan ekornya menghadap ke Jalan Industri III.

Jembatan ini diwarnai dengan cat biru, hijau, dan kuning. Warna biru menghiasi pondasi utama jembatan, sementara warna hijau dan kuning untuk hiasan udang di atap jembatan.

Ketua RT 11/RW 14 Pademangan Barat, Sukarman (57) mengatakan, Jembatan Udang ini menghubungkan wilayah RT-nya dan RW 02 Pademangan Barat.

Menurutnya, jembatan ini adalah jembatan yang dulunya dibuat warga setempat dan kini diperbarui pemerintah.

"Ini sudah ada sekitar 4-5 tahun yang lalu, dibuat sendiri sama warga. Kalo sekarang diperbarui pemerintah," katanya saat ditemui Jumat (29/11/2019).

Kasie Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Utara Ujang Royani menjelaskan, proyek Jembatan Udang berjalan sejak bulan September lalu.

Pejabat Pemkot Jakarta Barat Meninggal di Italia, Sedang Cuti, Diduga karena Serangan Jantung

Bukan Sekedar untuk Bertahan Hidup,Kisah Kakek Muklis, Pengemis Bawa Uang Tunai Rp194 Juta di Ransel

Adanya Jembatan Udang masuk dalam proyek tahun 2019 Sudin Bina Marga Jakarta Utara, sekaligus dengan pembangunan Jembatan Kerang Hijau.

"Ini visualisasi dari rapat dengan Pak Gubernur dulu kan untuk merealisasikan masalah jembatan antar kampung. Jadi di (Jakarta) Utara baru dua terealisasi di tahun 2019 ini. Baru yang kerang sama udang ini," ucap Ujang.

Ujang menambahkan, baik Jembatan Udang maupun Jembatan Kerang Hijau dibuat dengan konseo sesuai dengan wilayah Jakarta Utara yang identik dengan pesisir.

"Kalo untuk desain mungkin identik dengan wilayah Jakarta Utara, karena dekat laut jadi identik dengan hewan laut lah. Ada kerang, ada udang. Kebaharian lah," katanya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved