BMSDA Kota Bekasi : Warga Bisa Adukan Jika Perlu Pemangkasan Pohon di Jalan Permukiman

Jika ada warga menginginkan pemangkasan pohon di jalan pemukiman bisa saja dilakukan asal mengajukan aduan ke kelurahan atau kecamatan setempat

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Kegiatan pemangkasan pohon di Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bekasi, Sabtu, (30/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Guna antisipasi insiden pohon tumbang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) melakukan pemangkasan pohon-pohon besar yang ada di sejumlah ruas jalan utama.

Meski begitu, jika ada warga menginginkan pemangkasan pohon di jalan pemukiman bisa saja dilakukan asal mengajukan aduan ke kelurahan atau kecamatan setempat.

"Kami bisa lakukan (pemangkasan di jalan pemukiman) tapi tentunya itu berdasarkan aduan dari warga," kata Kepala Bidang Bina Marga BMSDA Kota Bekasi, Widayat Subroto, Sabtu, (30/11/2019).

Aduan ini nantinya akan direspon pihak BMSDA melalui Unit Reaksi Cepat (URC). Polanya sama seperti aduan pemeliharaan sarana penerangan jalan yang rusak lalu perlu perbaikan petugas.

"Dari aduan itu kita akan respon 2-3 hari, kita cek dulu ke lapangan kondisinya seperti apa lalu baru dijadwalkan pemangkasan," ungkap Widayat.

Penjadwalan ini penting menyusul keterbatasan personel yang setiap hari berkeliling dari satu titik ke titik lain. Apalagi jelang musim hujan, pemangkasan pohon besar di jalan utama Kota Bekasi masih menjadi fokusnya.

"Kami rutin melakukan pemangkasan, ditambah memasuki musim hujan khawatir adanya kejadian pohon tumbang yang ada di pinggir jalan," ujarnya.

Sasaran pemangkasan pohon ini dilakukan di beberapa ruas jalan utama seperti, Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Chiril Anwar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman Jalan M. Hasibuan, Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Jalam Agus Salim dan Jalan ke arah Underpass.

Kuliner di Jakberfest, Makanan Khas Jerman Dijual Seharga Rp 25 Ribu hingga Rp 45 Ribu

Tes Kepribadian - Tata Letak Telur yang Kamu Pilih Bisa Ungkapkan Kelebihanmu yang Tersembunyi

Berikut 7 Fakta Karen Vandela, Tuangan Boy William Ternyata Anak Seorang Konglomerat Indonesia

Di ruas jalan itu, memang terdapat sejumlah pohon besar dengan ukuran kurang lebih 20 meter dengan dahan dan ranting yang cukup tebal.

"Sampai akhir Desember ini kita targetkan sudah semua harus kita antisipasi, karena puncak curah hujan kemungkinan akan datang di awal tahun ya," jelas dia.

Adapun untuk titik rawan yang pernah terjadi pohon tumbang diantaranya, di Jalan Agus Salim, Jalan KH. Noer Ali Kalimalang dan Jalan Underpass. Sejauh ini, ruas jalan tersebut sudah dilakukan pemangkasan tinggal menyelesaikan beberap ruas jalan yang perlu diantisipasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved