Petugas Damkar Kabupaten Bekasi Amankan 6 Sarang Tawon Dalam Satu Malam

Damkar Kabupaten Bekasi berhasil melakukan evakuasi enam titik sarang tawon predator dalam waktu satu malam, Minggu, (1/12/2019).

Petugas Damkar Kabupaten Bekasi Amankan 6 Sarang Tawon Dalam Satu Malam
ISTIMEWA/Damkar Bekasi
Damkar Kabupaten Bekasi berhasil melakukan evakusi sarang tawon yang berada di rumah warga, Minggu, (1/12/2019) malam. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG BARAT - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi berhasil melakukan evakuasi enam titik sarang tawon predator dalam waktu satu malam, Minggu, (1/12/2019).

Komadan Regu Evakuasi dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, mengatakan, laporan diterima pihaknya dalam waktu yang cukup berdekatan.

"Dari laporan itu kota langsung bergegas melakukan evakuasi di waktu yang bersamaan secar bergantian," kata Adhi saat dikonfimasi, Senin, (2/12/2019).

Damkar Kabupaten Bekasi berhasil melakukan evakusi sarang tawon yang berada di rumah warga, Minggu, (1/12/2019) malam.
Damkar Kabupaten Bekasi berhasil melakukan evakusi sarang tawon yang berada di rumah warga, Minggu, (1/12/2019) malam. (ISTIMEWA/Damkar Bekasi)

Dia menjelaskan, enam titik itu berada di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan terakhir di Babelan.

"Evakuasi sarang tawon dilakukan di rumah warga," ungkap Adhi.

Menurut dia, permintaan evakuasi sarang tawon memang mengalami peningkatan, terlebih adanya kekhawatiran warga akan tersengat binatang yang masuk dalam jenis serangga tersebut.

"Kalau dari permintaan warga memang meningkat, mereka mengaku takut tersengat, apalagi ada pemberitaan yang berkaitan dengan sengatan tawon jenis vespa affinis yang mematikan," ujarnya.

Sarang tawon jenis vespa affinis ini kerap ditemukan dirumah-rumah warga seperti di atas loteng. Setelah berhasil dievakuasi, petugas langsung melakukan pemusnahan dengan cara dibakar.

"Petugas dilengkapi dengan kostum khusus tertutup, tetapi ketika sedang melakukan pemusnahan ada satu anggota kami tersengat hingga mengalami bengkak pada tangan," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved