Cara Sikat Gigi yang Baik dan Benar, Dianjurkan 30 Menit Setelah Sarapan dan Sebelum Tidur

Melakukan sikat gigi secara sembarangan, dapat menimbulkan berbagai permasalahan gigi dan mulut.

Cara Sikat Gigi yang Baik dan Benar, Dianjurkan 30 Menit Setelah Sarapan dan Sebelum Tidur
TribunJakarta.com
Ilustrasi Anak-anak sedang sikat gigi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SUDIRMAN - Melakukan sikat gigi secara sembarangan, dapat menimbulkan berbagai permasalahan gigi dan mulut.

Dokter spesialis gigi dan mulut, dr. Carlo Ortega mengatakan, salah satu permasalahan gigi dan mulut terbesar yang seringkali terjadi di Ibu Kota Jakarta, adalah karang gigi dan gigi berlubang.

Karena itu, melakukan sikat gigi sebanyak dua kali sehari memang penting untuk dilakukan.

Namun, sebelum itu kamu harus tahu bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.

"Kalau sikat gigi, harus banyak yang diperhatikan. Pertama sikat gigi dua kali sehari itu memang sangat penting," kata Carlo saat ditemui di acara pemeriksaan gigi gratis untuk penyandang disabilitas yang digelar di Stasiun MRT Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Menurut Carlo, menyikat gigi yang baik seharusnya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari di waktu yang tepat. Yaitu, 30 hingga 60 menit setelah sarapan di pagi hari, dan sebelum tidur di malam hari.

Menyikat gigi secara langsung setelah makan, sangat tidak dianjurkan karena dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada gigi.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bentuk sikat gigi yang tepat untuk digunakan. Seperti sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil.

"Menyikat gigi kita pilih sikat giginya yg tepat. Nah yang direkomendasikan yang sikatnya lembut, lalu pilih yang kepala sikatnya ramping atau kecil agar bisa menjangkau sampai belakang," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved