Pihak Imigrasi Ungkap Alasan WNA Ilegal Asal Nigeria Memenuhi Kawasan Tangerang

WNA ilegal yang ditangkap di Tangerang merupakan buangan dari wilayah lain yang bergesekan dengan Tangerang

Pihak Imigrasi Ungkap Alasan WNA Ilegal Asal Nigeria Memenuhi Kawasan Tangerang
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
25 Warga Negara Asing asal Nigeria, Pantai Gading, dan Afrika Selatan yang diamankan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang di kawasan Kabupaten Tangerang, Senin (9/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mendata kalau Warga Negara Asing (WNA) asal Nigeria mendominasi di Tangerang dibandingkan dengan negara lain.

Ternyata, dari pendalaman yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang ada alasan di balik itu semua.

Pasalnya, faktor ekonomi dan bisnis menjadi alasan utama banyaknya Warga Negara Asing asal Nigeria datang ke Indonesia terutama Tangerang.

"Tentunya ada peluang bisnis. Pasti ada peluang ekonomi di Indonesia ini, salah satunya mereka jual beli baju," ucap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Banten Imam Suyudi, Senin (9/12/2019).

Namun, kata Imam, WNA ilegal yang ditangkap di Tangerang merupakan buangan dari wilayah lain yang bergesekan dengan Tangerang.

Seperti Jakarta dan Depok, para WNA tersebut kabur dari sana karena imigrasi setempat sudah memperketat pengamanan dan pengawasan.

"Mereka tidak dari Tangerang tapi dari Jakarta. Begitu Jakarta diperketat mereka lari ke Tangerang, pas Tangerang diperketat mereka lari ke tempat lain. metodenya kayak gitu, jadi di Tangerang bukan sebagai tempat tujuan tapi hanya pelarian saja," jelas Imam.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Novan indrianto mengatakan kalau WNA asal Nigeria yang tinggal di Tangerang ternyata berjualan baju secara online.

Takut Anak Jadi Korban Bully, Ridho Ingin Hapus Tato di Tubuh dan Wajahnya

Kuasa Hukum Bantah Pablo Benua dan Rey Utami Dikawal Anggota Ormas

Hal tersebut sudah terbukti dari temuan beberapa waktu lalu kalau WNA Nigeria banyak yang berjualan baju online.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved