Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo Terjadi di Wilayah Cibarusah Kabupaten Bekasi, Ini Kata Kapolsek

Kapolsek Cibarusah, Sukarman, saat dikonfirmasi, mengatakan, saat gempa terjadi, tidak terasa getaran atau guncangan yang dirasakan.

Shutterstock
Ilustrasi gempa. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIBARUSAH - Gempa bumi berkuatan 3,2 Magnitudo terjadi di Wilayah Kabupaten Bekasi dengan pusat gempa terletak di kawasan barat dayat tepatnya di Kecamatan Cibarusah, Selasa, (10/12/2019).

Berdasarkan infomasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pukul 12.45 WIB dengan titik kordinat 6.54 LS - 107.08 BT, tepatnya berada di darat dengan jarak 22 kilometer kedalaman 4 kilometer.

Dalam keterangan itu, BMKG juga menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cikarang dengan Skala Intensitas II - III MMI, Di Cibarusah dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Sementara itu, Kapolsek Cibarusah, Sukarman, saat dikonfirmasi, mengatakan, saat gempa terjadi, tidak terasa getaran atau guncangan yang dirasakan.

"Enggak ini, enggak terasa, kita posisi di Cibarusah, kita memang masuk grup BMKG Jawa Barat sudah dapat infonya, tapi di sini tidak ada terasa gempa dari tadi saya di kantor," kata Sukarman.

Dia juga sejauh ini belum menerima laporan adanya dampak kerusakan atau laporan dampak getaran gempa dari warga atau anggota personel Polsek Cibarusah di lapangan.

"Mungkin hanya perkiraan-perkiaraan, atau menang ada tapi enggak terasa ada dampak (getaran)," ungkap Sukarman.

Hal yang sama dirasakan Komarudin, Kepala Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, dia mengaku tidak merasakan sama sekali ada getaran atau guncangan akibat gempabumi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved