TRUTH Nilai Sumbangan Acara Perpisahan Kepsek SDN Pondok Ranji 1 Sebagai Modus Pungli

TRUTH memandang surat edaran kepada wali siswa untuk memberikan sumbangan kepada acara perpisahan purnabakti kepala sekolah sebagai pungli.

TRUTH Nilai Sumbangan Acara Perpisahan Kepsek SDN Pondok Ranji 1 Sebagai Modus Pungli
Istimewa
Surat edaran Komite SDN Pondok Ranji 1. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT TIMUR - Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) memandang surat edaran kepada wali siswa untuk memberikan sumbangan kepada acara perpisahan purnabakti kepala sekolah sebagai pungutan liar (pungli).

Diberitakan TribunJakarta.com sebelumnya, surat edaran itu viral di sejumlah media sosial.

Surat edaran yang bertandatangan Ketua Komite dan Sekretarisnya itu meminta kepada wali murid untuk menyisihkan dana sebesar Rp 35 ribu untuk acara purnabakti kepala sekolah.

Ketua Komite, Margaretha Kunaiti sudah menjelaskan bahwa besaran tersebut hanya patokan sesuai perhitungan budget acara.

Sedangkan wali siswa bisa memberikan sumbangan berapapun alias seikhlasnya.

Ahmad Priatna, Wakil Koordinator TRUTH, mengatakan, permintaan sumbangan sukarela itu hanya modus dari pungli.

"Seperti biasanya modus pungli dilakukan dengan dalih sumbangan sukarela. Hal ini merespon dari surat pemberitahuan yang dikeluarkan komite SDN Pondok Ranji yang meminta uang sebesar Rp 35.000 per-siswa untuk acara purnabakti," ujar Priatna melalui keterangan resminya, Jumat (13/12/2019).

Priatna mendasarkan pendapatnya itu dengan Permendikbud 75 tahun 2016 yang menurutnya memberikan definisi sangat jelas tentang sumbangan dan pungutan.

Bunyinya adalah, "Sumbangan Pendidikan adalah pemberian berupa uang atau barang atau jasa atau oleh peserta didik, orang tua atau walinya, baik perseorangan maupun bersama-sama, masyarakat atau lembaga secara suka rela, dan tidak mengikat satuan pendidikan."

Halaman
1234
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved