Hutan Kota Plataran, Ruang Hijau Baru di Tengah Jakarta Berkonsep Light of Nusantara

Sebuah ruang baru yang cukup unik dan hijau akan segera hadir di tengah-tengah Ibu Kota Jakarta yakni Hutan Kota by Plataran atau Hutan Kota Plataran.

Hutan Kota Plataran, Ruang Hijau Baru di Tengah Jakarta Berkonsep Light of Nusantara
TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Hutan Kota by Plataran hadir di kawasan GBK, Jakarta Pusat, dengan konsep Light of Nusantara. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Sebuah ruang baru yang cukup unik dan hijau akan segera hadir di tengah-tengah Ibu Kota Jakarta yakni Hutan Kota by Plataran atau Hutan Kota Plataran.

Terletak di komplek Gelora Bung Karno (GBK), Hutan Kota Plataran merupakan sebuah taman besar dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan domestik atau manca negara saat berkunjung ke Jakarta.

Hutan Kota by Plataran hadir di kawasan GBK, Jakarta Pusat, dengan konsep Light of Nusantara.
Hutan Kota by Plataran hadir di kawasan GBK, Jakarta Pusat, dengan konsep Light of Nusantara. (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

Salah satunya adalah restoran megah dengan berbagai menu hidangan khas nusantara.

"Plataran Indonesia didirikan tahun 2009, dimulai dari 25 karyawan. Tujuan kita memang untuk mengedukasi Indonesia melalui pariwisata. Tempat makan, atau taman harus punya soul. Alam, kebudayaan, sejarah dan kejayaan Indonesia. Itu kita bawa dengan konsep ini," kata Yozua selaku Founder and CEO Plataran Indonesia di lokasi, Rabu (18/12/2019).

Tempat ini, mengusung konsep Light of Nusantara dengan menyatukan berbagai unsur sejarah, alam, kebudayaan, hingga kejayaan Indonesia ke dalam balutan interior serta desain tempat dari Hutan Kota itu sendiri.

Selain bermakna bagi jiwa-jiwa masyarakat Indonesia, konsep ini diharapkan mampu mengedukasi para wisatawan asing mengenai sejarah Indonesia ketika datang ke tempat ini.

Adapun berbagai fasilitas yang nantinya bisa kamu temui di Hutan Kota Plataran GBK ini, yakni restoran, Plataran tembok ekspresi untuk mengekspresikan karya seni mural bagi komunitas atau pecinta seni, Plataran dewi performance deck, Plataran pet playground untuk sarana bermain hewan peliharaan, serta musala bagi umat muslim yang ingin melaksanakan salat.

"Intinya ada di sinar. Nusantara maknanya lebih dari Indonesia. Target market bukan hanya Jakarta tapi juga domestik dan paling penting masyarakat internasional. Mereka punya tempat baru tempat makan, sekaligus bisa melihat sejarah, dan budayanya," bebernya.

"Kami membuat karya-karya seni berbagai macam kebudayaan. Di sini seperti Indonesia Raya. Ada semua ceritanya mereflect pada Indonesia. Kita ingin orang-orang yang datang menambah semangat kebangsaan. Semua yang kami lakukan disini ada dasarnya. Semua material dari Indonesia, dan musala pun kalau di lihat bangunannya, desainnya memang dibuat Indonesia banget," jelas dia.

Tujuh Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Mengelola Kolesterol hingga Mengendalikan Diabetes

Bantah Nikahi Vanessa Angel, Ichsan Munthe: Saya Diundang

Dari beberapa bagian fasilitas tersebut, kini masih dalam tahap finalisasi.

Menurut Yozua, Hutan Kota Plataran ditargetkan bisa beroperasi sepenuhnya pada akhir Januari 2020 mendatang.

Nantinya, tempat ini juga akan dipenuhi oleh ribuan tanaman, serta menjadi tempat sanctuary atau tempat perlindungan bagi burung-burung yang ada di Jakarta.

"Ini kita sudah selesai, besok kita akan buka (restoran). Tanggal 21 event pertama kita adalah 100 tahun RSCM. Tanggal 21 kita sudah ada, yang fasilitas di dibelakang Insha Allah akhir Januari sudah selesai," kata Yozua.

"Tidak ada satu sen pun dana dari pemerintah untuk membangun ini. Dana ini dari Plataran Indonesia. Tidak ada satu sen pun dana dari pemerintah untuk mendanai pembangunan, dan pemeliharaan dari tempat ini. Memang berdampingan dengan hutan kota GBK yang dikelola pemerintah. Tapi ini dana dari Plataran," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved