Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Diresmikan Tanpa Kehadiran Jokowi, Ini Penjelasan Angkasa Pura II

Peresmian Runway atau landasan pacu 3 Bandara Soekarno-Hatta diresmikan tanpa kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Diresmikan Tanpa Kehadiran Jokowi, Ini Penjelasan Angkasa Pura II
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat meresmikan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Peresmian Runway atau landasan pacu 3 Bandara Soekarno-Hatta diresmikan tanpa kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Jumat (20/12/2019).

Hal tersebut diklaim PT Angkasa Pura II untuk mengurai kepadatan pergerakan pesawat menjelang libur Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin berkilah kalau peresmian tersebut sudah atas restu pimpinan dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

"Terpenting, kami sudah melaporkan ke regulator, kemudian ke Menteri Perhubungan. Tugas kami selesai dulu," ujar Awaluddin saat konferensi pers pengoperasian Runway 3, Bandara Soekarno-Hatta, Junat (20/19/2019).

Lanjutnya, meski belum dijadwalkan untuk diresmikan oleh Presiden Jokowi, pihaknya beserta stake holder terkait sudah memiliki kesepakatan untuk pengoperasian runway tiga ini.

Bukan tanpa pertimbangan matang, Awaluddin melanjutkan, setidaknya ada tiga alasan yang mendasari pengoperasian runway sepanjang 3.000 meter persegi tersebut.

"Pertama, secara keseluran infrastruktur sudah selesai seratus persen, itu sudah dari bulan Agustus. Tapi bersama-sama, kami sepakat saat itu untuk melakukan familiarisasi dulu," tuturnya.

Ditambah lagi sudah selesainya pengerjaan east cross taxiway.

Yang mana berfungsi menghubungkan runway satu sisi selatan dengan runway dua sisi utara.

Halaman
123
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved