5,1 Juta Kendaraan di Jakarta Belum Bayar Pajak, Potensi Tunggakan Rp 2,1 Triliun

Khairil menjelaskan, dari 5,1 juta kendaraan tersebut, sebanyak 1,1 juta diantaranya berdomisili di wilayah Jakarta Selatan.

5,1 Juta Kendaraan di Jakarta Belum Bayar Pajak, Potensi Tunggakan Rp 2,1 Triliun
TribunJakarta/Elga Hikari Putra
Jajaran BPRD DKI dan Samsat Jakarta Selatan saat gelar razia pajak moge di Mal Senayan City. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Sampai akhir tahun ini tercatat masih sebanyak 5,1 juta kendaraan bermotor di DKI Jakarta yang belum membayar pajaknya.

"Bahwa di DKI Jakarta saat ini yang belum daftar ulang kendaraan bermotor ada 5,1 juta dengan potensi (penerimaan pajak) Rp 2,1 triliun," kata Kepala Samsat Jakarta Selatan, Khairil Anwar saat menggelar razia pajak motor gede (moge) di Mal Senayan City, Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Khairil menjelaskan, dari 5,1 juta  kendaraan tersebut, sebanyak 1,1 juta diantaranya berdomisili di wilayah  Jakarta Selatan.

"Kemudian untuk Jakarta Selatan sendiri ada 1,1 juta kendaraan dengan potensi yang belum bayar pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 500 miliar," kata Khairil.

Untuk itu, di masa akhir bulan keringanan pajak yang berlaku hingga 30 Desember 2019, Khairil menyebut pihaknya semakin gencar lakukan razia door to door ke sejumlah tempat.

Termasuk bekerjasama dengan kepolisian untuk lakukan razia gabungan.

"Terhadap kendaraan yang belum daftar ulang kami sudah memberikan imbauan kepada yang bersangkutan. Bila tak respon, maka kami datangi rumahnya. Kemudian di mal juga apartemen kami datangi," kata Khairil.

Diberitakan sebelumnya, BPRD DKI bersama Samsat Jakarta Selatan pagi ini menggelar razia pajak terhadap komunitas moge yang sedang berkumpul di area Mal Senayan City, Jakarta.

Roberto Firmino Cetak Gol Menit ke-99, Liverpool Juara Piala Dunia Klub Pertama Kali dalam Sejarah

Ngaku Habiskan Rp 10 Juta Sekali Makan, Boy William Sontak Disemprot Sang Nenek: Makan Berlian Lu!

Marak Kasus Kobra di Pemukiman, Panji Petualang Beri Cara Sederhana Cegah Ular Masuk ke Rumah

Satu per satu moge, mulai dari keluaran Harley Davidson, BMW, Ducati, hingga Aprilia dicek pajaknya oleh petugas menggunakan aplikasi BPRD Mobile dan SMS Blast.

Beruntung, dari ke-16 moge yang terparkir disana, semuanya diketahui telah melunasi kewajiban pajaknya.

"Disini (Senayan City) kami menemukan ada 16 moge di pagi ini. Dan rata-rata semuanya patuh terhadap pembayaran kendaraan bermotor," ucap Khairil.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved