Breaking News:

Cegah Kasus Harley Davidson Ilegal Terulang, Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Lakukan Upaya Baru

Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah upaya baru untuk menangkal kejadian penyelundupan barang.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kepala Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Finari Manan saat melaksanakan konferensi pers penangkapan akhir tahun, Senin (23/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah upaya baru untuk menangkal kejadian penyelundupan barang oleh pihak maskapai penerbangan.

Hal itu menyusul kejadian penyelundupan motor Harley Davidson yang menggeret nama Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan, upaya yang dilakukannya seperti memberikan edukasi ke masyarakat biasa.

Juga kepada pejabat tinggi negara terkait aturan membawa barang dari luar negeri ke Indonesia.

"Bahwa ketentuan membawa barang kiriman dan barang penumpang itu sudah ada aturannya yang mana, selama barang itu declare atau dideklarasikan ya boleh saja, enggam masalah," jelas Finari di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Senin (23/12/2019).

Menurutnya, kasus yang dialami petinggi Garuda Indonesia tersebut, masuk dalam upaya penyelundupan.

Lantaran, yang bersangkutan tidak mendeklarasikan barang bawaan dari luar negeri untuk masuk ke dalam Indonesia.

"Bukan soal berbeda aturan, tapi hanya perlu declare saja, maka barang tersebut tidak masalah. Yang jadi masalah seperti kemarin adalah, jika dia berupaya menyembunyikan barang itu," terang Finari.

Nantinya, selain upaya edukasi, sosialisasi disetiap negara ataupun maskapai juga dilakukannya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved