Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin

Jangan Pernah Lihat Gerhana Matahari Cincin dengan Mata Telanjang, Lebih Aman Gunakan Alat Ini

Staf Sub Divisi Program Sains, Sri Wahyu Cahyaningsih, menjelaskan beberapa cara menikmati Gerhana Matahari Cincin pada Kamis (26/12/2019).

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Staf Sub Divisi Program Sains Sri Wahyu Cahyaningsih di PP IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMAN MINI - Staf Sub Divisi Program Sains, Sri Wahyu Cahyaningsih, menjelaskan beberapa cara menikmati Gerhana Matahari Cincin pada Kamis (26/12/2019).

GMC diketahui melintasi sebagian wilayah di Indonesia pada hari ini. Satu diantaranya di Jakarta.

Guna mengabadikan momen ini bersama pengunjung, PP IPTEK dan Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menyelenggarakan pengamatan GMC di dak atap lantai 3 Gedung PP IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai pukul 10.30 WIB sampai pukul 14.30 WIB.

Sri mengatakan, untuk di Jakarta piringan matahari akan mencapai 72 persen dengan puncak gerhana yang akan terjadi di pukul 12.36 WIB.

"Untuk puncaknya sendiri karena di Jakarta kita enggak bisa dapat cincin hanya sebagian aja, di mana piringan matahari yang tertutup hanya 72 persen."

"Dan akan ada di pukul 12.36 WIB. Dan proses gerhananya sendiri akan selesai di pukul 14.23 WIB," katanya di lokasi, Kamis (26/12/2019).

Selain menyediakan 3 teleskop dan kacamata matahari, Sri mengatakan PP IPTEK juga menyiapkan tempat untuk menyaksikan live streaming munculnya GMC di wilayah-wilayah yang dilintasi.

Serta simulasi GMC di area Wahana Temporer PP IPTEK yang berada di lantai 1.

Sri memberikan solusi bagi warga yang tak sempat berkunjung ke PP IPTEK pada hari ini.

Halaman
12
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved