Kemenkes Gandeng BNN Periksa Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2020

Nantinya setiap calon Kepala Daerah tak hanya menjalani tes kesehatan yang ditangani Kementerian Kesehatan, tapi juga pemeriksaan narkoba

Kemenkes Gandeng BNN Periksa Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2020
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat memberi keterangan di kantor BNN Cawang, Kamis (26/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambangi kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), wilayah Kelurahan Cawang, Kramat Jati.

Dalam kunjungan yang diterima Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Terawan mengatakan kedatangan tak lepas dari penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Persiapan Pilkada, baik Gubernur maupun Bupati yang sebentar lagi akan diadakan. Persiapannya mulai dari sekarang," kata Terawan di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Kamis (26/12/2019).

Nantinya setiap calon Kepala Daerah tak hanya menjalani tes kesehatan yang ditangani Kementerian Kesehatan, tapi juga pemeriksaan narkoba.

Dalam pertemuan yang berlangsung dari pukul 13.00-14.00 WIB itu, penanganan masalah kesehatan bagi penyalahguna narkotika ikut dibahas.

"Pemeriksaan kesehatan kan otomatis nempel dengan pemeriksaan narkoba dari BNN. Tadi juga membahas ketahanan kesehatan nasional terhadap narkoba," ujarnya.

Menanggapi kerja sama yang dilakukan, Heru menyatakan kesiapan jajarannya dalam menyelenggarakan pemeriksaan narkoba.

Bila calon kepala daerah terbukti sebagai penyalahguna narkotika, maka BNN merekomendasikan KPU mencoret kandidat.

"Tadi pak Menteri juga mengharapkan juga dilibatkan semua, semua pegawai-pegawai BNN untuk pemeriksaan kesehatan, terutama untuk tes urine," tutur Heru.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved