Natal dan Tahun Baru 2020

Pergantian Malam Tahun Baru, Transjakarta Bakal Tambah Armada Angkutan Malam Hari

PT Transjakarta telah mengoperasikan sebanyak 55 unit armada angkutan malam untuk mengangkut penumpang di malam hari yang tersebar di beberapa rute.

Pergantian Malam Tahun Baru, Transjakarta Bakal Tambah Armada Angkutan Malam Hari
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
ILUSTRASI Sebuah bus Transjakarta mencoba memutar arah setelah terjebak di Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Gedung DPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - PT Transjakarta bakal menambah jumlah armada angkutan malam hari khusus untuk malam pergantian tahun 2019-2020 pada 31 Desember mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta, Achmad Izzul Waro saat menghadiri konperensi pers terkait persiapan malam tahun baru kolaborasi antara PT Pembangunan Jaya Ancol, Dinas Perhubungan, dan Transjakarta.

"Khusus di malam tahun baru, kita bakal tambah armada malam. Jadi biasanya kalau malam itu kita punya armada sebanyak 55 unit, sekarang kita buat tiga kali lipat jadi ada 151 unit," kata Izzul, Jumat (27/12/2019).

Menurut Izzul, sejauh ini PT Transjakarta telah mengoperasikan sebanyak 55 unit armada angkutan malam untuk mengangkut penumpang di malam hari yang tersebar di beberapa rute.

Namun, khusus di 31 Desember mendatang sebanyak 151 armada angkutan malam bakal dioperasikan.

Salah satunya merupakan rute menuju Ancol lantaran Ancol merupakan salah satu lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat saat malam pergantian tahun tiba.

"Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada saat malam pergantian tahun baru," kata Izzul.

Sebelumnya, Transjakarta berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Pembangunan Jaya Ancol, menyediakan layanan khusus secara gratis untuk Shuttle Kemayoran - Ancol menggunakan unit bus jenis Metrotrans pijakan rendah (low entry) yang ramah disabilitas.

Layanan bus ini dipergunakan untuk mengantar warga dari kantong parkir area C3 kemayoran menuju Ancol selama 24 Jam pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2020.

Selain itu untuk melengkapi armada malam hari, TransJakarta juga menyiapkan beberapa rute pendukung menuju JIEXPO Kemayoran.

Seperti rute 2C Balaikota-JIEXPO Kemayoran yang akan beroperasi selama 24 jam penuh pada tanggal 31 Desember, serta rute PRJ1 Pulo Gadung -Jiexpo, dan rute PRJ3 PGC-Jiexpo yang akan beroperasi mulai tanggal 31 Desember 2019.

"Rute ini mempermudah masyarakat yang menggunakan kendaraan umum menuju lokasi tujuan di saat malam
pergantian tahun baru, namun untuk tiga rute pendukung tersebut tetap dikenakan tarif normal Transjakarta," pungkas Izzul.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved