Antisipasi Permasalahan Pada Remaja, Posyandu Remaja Mager Hadir di Kecamatan Ciracas

Puskesmas Kecamatan Ciracas memutuskan untuk mengahadirkan Posyandu remaja yang diberi nama Posyandu Remaja Mager

Istimewa/Dok Puskesmas Kec Ciracas
Suasana saat launching Posyandu Remaja Mager di RPTRA Susukan Ceria, Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (28/12/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Ciracas menghadirkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi remaja.

Berawal dari banyaknya permasalahan kesehatan pada remaja, baik permasalahan psikologis maupun perubahan perilaku, akhirnya Puskesmas Kecamatan Ciracas memutuskan untuk mengahadirkan Posyandu remaja yang diberi nama Posyandu Remaja Mager.

"Karena kita punya Poli PKPR, jadi banyak aduan ke sana mulai dari masalah teman hingga hamil di usia dini mulai terindentifikasi di masyarakat. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menyarankan untuk membuat suatu wadah bagi remaja. Akhirnya kemarin, Sabtu (28/12/2019) kita melaunching Posyandu Remaja Mager untuk Kelurahan Susukan," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Sunersih kepada TribunJakarta.com, Minggu (30/12/2019).

Mager sendiri merupakan singkatan dari Milineal Bergerak Bersama-sama. Sebab dalam Posyandu Remaja Mager ini, kadernya berasal dari remaja yang ada di lingkungan RT dan RW di masing-masing kelurahan.

Selanjutnya, para kader remaja inu diberikan pembekalan oleh dokter-dokter yang ada di Puskesmas Kecamatan Ciracas secara langsung sebelum ditetapkan sebagai konseler sebaya.

"Sebenarnya Posyandu Remaja Mager akan hadir di semua kelurahan yang ada di Kecamatan Ciracas. Hanya saja, yang lebih siap pertama adalah Kelurahan Susukan. Sehingga launching pertamanya di kelurahan tersebut, sedangkan 4 kelurahan lainnya akan menyusul di bulan Januari 2020 mendatang," sambungnya.

Momen Haru saat Baim Wong Kumandangkan Adzan di Telinga Sang Buah Hati

Ketua Umum PSSI Ungkap Fasilitas yang Diminta Shin Tae-yong

Nantinya, remaja yang memiliki permasalahan bisa langsung datang setiap Sabtu di minggu ke-4 ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Susukan Ceria mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Di sana, para remaja bisa menceritakan langsung permasalahan yang terjadi kepada konselor sebaya.

Selanjutnya, bila memerlukan tindakan lebih lanjut, maka para kader akan mengarahkan remaja tersebut ke Poli Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang ada di Puskesmas Kecamatan Ciracas.

"Untuk itu saya berharap Posyandu Remaja ini dapat meningkatkan peran remaja, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait kesehatan, mampu melakukan deteksi dini permasalahan remaja pencegahan serta Penyakit Tidak Menular maupun penyakit Menular bagi remaja karena menjadi wadah konseling antar remaja," tandasnya

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved