Natal dan Tahun Baru 2020

Niat Tahun Baru di Puncak Bogor? Cek Informasi Penutupan Jalur Puncak Hari Ini Mulai Jam Segini!

Jelang malam tahun baru, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberikan informasi dan himbauan.

Niat Tahun Baru di Puncak Bogor? Cek Informasi Penutupan Jalur Puncak Hari Ini Mulai Jam Segini!
Warta Kota/Henry Lopulalan
ILUSTRASI KEMBANG API 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Jelang malam tahun baru, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberikan informasi dan himbauan.

Hal itu terkait buka tutup Jalan Puncak Bogor jelang malam tahun baru yang jatuh pada hari ini.

Untuk menghindari kemacetan, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mengumumkan adanya sistem buka tutup jalan.

Melansir dari instagram @tmcpolresbogor, berikut informasi dan imbauan berkaitan dengan pergantian tahun baru 2020 di Jalur Puncak.

  • Untuk menghindari kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas di jalur puncak pada malam tahun baru 2020, Jalur Puncak akan ditutup pada tanggal 31 Desember 2019 pukul 18:00 WIB sampai dengan 1 Januari 2020 pukul 06:00 WIB dan arus lalu lintas dari arah Jakarta dan Cianjur yang akan menuju Jalur Puncak dialihkan via Sukabumi dan Jonggol.
  • Bagi yang melewati Jalur Puncak agar menyesuaikan waktunya atau menggunakan jalur alternatif Cibubur-Cianjur (via Jonggol) dan Ciawi-Cianjur (via Sukabumi).
  • Pada malam pergantian tahun baru Jalur Puncak akan sangat padat pengunjung, agar para pengguna jalan lebih mematuhi peraturan lalu lintas tidak parkir di bahu dan badan jalan, tetap sabar di antrian dan tak mengambil lajur dari arah berlawanan.
  • Harap selalu waspada dan berhati-hati ketika berada di Jalur Puncak, dikarenakan curah hujan cukup tinggi, kabut tebal dan rawan longsor.

BMKG prediksi cuaca ekstrem

Pengendara roda empat banyak yang berbalik arah di Kampung Puncak Botol RT 04/01, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Rabu (7/2/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bogor, mengimbau masyarakat yang akan mengisi liburan pergantian tahun baru di Puncak Bogor, agar tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Bogor, Asep Firman Ilahi mengatakan, dalam seminggu ke depan kawasan Puncak Bogor berpotensi dilanda cuaca ekstrem yang ditandai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang secara tiba-tiba (gust) serta sambaran petir.

"Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di Puncak untuk tetap (waspada) cuaca hujan bahkan cuaca ekstrim yang bisa mengancam jiwa dan memberikan mimpi buruk ketimbang liburan yang menyenangkan," ucapnya saat dikonfirmasi Kompas.com melalui telepon, Jumat (27/12/2019).

Dilansir dari Kompas.com, prakiraan BMKG Stasiun Citeko memprediksi bahwa kawasan yang terletak di lereng Gunung Gede Pangrango menjadi paling rawan terdampak aktivitas Monsun Asia yang saat ini sedang aktif.

Sementara Monsun Australia melemah di Pulau Jawa, sehingga ada potensi menjadi daerah belokan masa udara.

Halaman
123
Penulis: Siti Nawiroh
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved