Breaking News:

Awal Tahun 2020 Jakarta Dikepung Banjir

Banjir Jakarta Awal Tahun 2020, BPBD DKI Jakarta: Belum Bencana, Masih Insiden

Pemprov dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta belum menetapkan status waspada bencana atas banjir yang mengepung hari ini.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo saat meninjau lokasi banjir di Kampung Pulo, Jatinegara Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pemprov dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta belum menetapkan status waspada bencana atas Banjir Jakarta, hari Senin (1/1/2019) ini.

Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo mengatakan banjir imbas yang memaksa ribuan warga mengungsi sejak pagi tadi lebih tepat disebut insiden.

"Istilahnya belum masuk kategori declare kepala daerah untuk bencana, masih insiden lah. Musibah yang masih kita tangani optimal lebih dulu," kata Subejo di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (1/12/2019).

Namun dia mengakui adanya warga DKI Jakarta yang meninggal saat banjir mulai menjemah permukiman warga sejak dini hari tadi.

Subejo menuturkan data yang diterima BPBD DKI hingga pukul malam hari ini tercatat empat warga DKI Jakarta meninggal.

"Di Kelurahan Cipinang Melayu ada tiga, satu lagi di Kemayoran. Untuk luka, informasi dan datanya belum masuk. Mudah-mudahan enggak ada," ujarnya.

Sementara data yang dihimpun BPBD DKI hingga pukul 12.00 WIB tercatat 15 Kecamatan, 42 Kelurahan, 97 RW, dan 239 RT terendam banjir.

Menurutnya tinggi air di permukiman warga mencapai dua meter, namun dia tak menampik kemungkinan ada wilayah yang tinggi airnya lebih dari itu.

"Ketinggian bervariasi, ada yang 30 sampai 90, bervariasi. Untuk lokasi tertentu mungkin ada yang lebih dari itu. Kalau yang sampai tiga meter saya enggak dapat informasi, enggak ada," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved