Waspada Penyakit Muncul Pasca-Banjir, Perhatikan Cara Pencegahannya

Ketua PDEI Moh. Adib Khumaidi, SpOT, mengingatkan masyarakat korban banjir untuk waspada terhadap penyakit pascabanjir terjadi.

Waspada Penyakit Muncul Pasca-Banjir, Perhatikan Cara Pencegahannya
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Simpang Jalan IR H Juanda dan Jalan RA Kartini terendam banjir. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ketua Umum Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), Moh. Adib Khumaidi, SpOT, mengingatkan masyarakat korban banjir untuk waspada terhadap penyakit pascabanjir terjadi. 

Sebagaimana diketahui, banjir melanda wilayah Jabodetabek, Rabu (1/1/2020). 

Lebih dari 30 ribu orang mengungsi akibat banjir tersebut. 

Puluhan kendaraan hancur pasca banjir yang merendam kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Sebelumnya diketahui bahwa kawasan tersebut diterjang banjir dengan ketinggian air mencapai lima meter yang membuat ratusan rumah warga nyaris tenggelam dan yang terlihat hanya bagian atap. Tribunnews/Jeprima
Puluhan kendaraan hancur pasca banjir yang merendam kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Sebelumnya diketahui bahwa kawasan tersebut diterjang banjir dengan ketinggian air mencapai lima meter yang membuat ratusan rumah warga nyaris tenggelam dan yang terlihat hanya bagian atap. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Kamis (2/1/2019) malam, Moh. Adib Khumaidi mengatakan terdapat sejumlah penyakit yang harus diwaspadai setelah banjir terjadi. 

Penyakit-penyakit yang bisa timbul pascabanjir mulai dari leptospirosis hingga infeksi kulit. 

Berikut daftar penyakit yang perlu diwaspadai setelah banjir

- Leptospirosis yang disebabkan karena air banjir yang kotor bercampur dengan kotoran tikus dan sampah.

- Diare dan demam Tifoid yang disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman serta kebersihan yang kurang higienis terutama karena selama banjir berlangsung banyak tumpukan sampah dan kotoran bercampur ke dalam rumah dan menempel di tubuh.

- Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Agepty yang berpotensi muncul akibat tumpukan sampah dan rongsokan di area yang lembab paska banjir.

- ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) yang disebabkan oleh udara dingin bercampur dengan air beraroma kotor selama banjir berlangsung

Halaman
123
Editor: Muji Lestari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved