Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Musnahkan 500 Butir Cerutu Senilai Ratusan Juta Rupiah

Sebanyak 539 batang cerutu impor tersebut dihancurkan di Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (7/1/2020) sore hari.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Pemusnahan 539 batang cerutu di Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (7/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta menghancurkan ratusan batang cerutu impor senilai Rp 3 juta satu batangnya.

Sebanyak 539 batang cerutu impor tersebut dihancurkan di Kantor KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (7/1/2020) sore hari.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan satu batang cerutu tersebut bisa senilai Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta tergantung merek dan asalnya.

"Kalau satu cerutu saja nilainya kita anggap rata-rata Rp 2 juta dikali 50 ada berapa? Ada Rp 100 juta. Tinggal dikalikan saja sama total barang tegahan kita," jelas Finari.

Ia menerangkan, kalau cerutu yang dihancurkan tersebut merupakan barang tegahan dari penumpang di Terminal penumpang Bandara Soekarno-Hatta.

Sebab, untuk membawa barang impor terutama cerutu harus dikenakan biaya cukai bila masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Finari menerangkan kalau cerutu yang dibawa melalui bagasi penumpang pesawat, maksimal dapat membawa sebanyak 25 cerutu.

"Sedangkan, kalau cerutu yang diimpor melalui barang kiriman atau kargo maksimal adalah 10 batang cerutu. Kelebihannya akan kami tegah dan hancurkan," tegas Finari.

Selain memusnahkan 539 batang cerutu, jajarannya juga memusnahkan 294 botol (170,47 liter) Minuman Mengandung Etil Alkohol, 108.140 batang Rokok berbagai merek, 18 kilogram tembakau iris, dan 1.122 botol (61,12 liter) Liquid Vape.

Tak Ingin Repotkan Anak Cucu, Alasan Ibnu Jamil Gemar Olahraga

Ini Alasan Anies Baswedan Larang Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved