Gaya Hidup yang Buruk Jadi Pemicu Diabetes, Ini Cirinya Jika Sudah Agak Parah

Selain karena faktor genetik atau keturunan, gaya hidup yang buruk bagi seseorang nyatanya juga bisa jadi pemicu terjadinya penyakit Diabetes.

Gaya Hidup yang Buruk Jadi Pemicu Diabetes, Ini Cirinya Jika Sudah Agak Parah
Ace Maxs
Diabetes 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Diabetes, merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja.

Selain karena faktor genetik atau keturunan, gaya hidup yang buruk bagi seseorang nyatanya juga bisa jadi pemicu terjadinya penyakit Diabetes dalam tubuh.

"Meskipun diabetes ini ada faktor genetik, tapi faktor lingkungan juga cukup besar (pengaruhnya) untuk Diabetes tipe 2, dan tidak cuma makanan manis saja. Diabetes juga pengaruh ke makanan berlemak, makanan yang tinggi karbo, banyak hal yang terkait," ujar dr. Rudy Kurniawan yang juga merupakan pendiri Komunitas Sobat Diabet di Mal Kuningan City, Selasa (7/1/2020).

Ia menjelaskan, bahwa penyakit Diabetes sendiri terdiri dari beberapa jenis.

Diantaranya adalah diabetes tipe 1 dengan produksi insulin yang sedikit atau berkurang dalam tubuh, hingga penyakit Diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh resistensi insulin. Artinya, insulinnya cukup tetapi tidak bekerja dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah.

Nah untuk mengetahui apakah Kamu mengidap penyakit diabetes atau tidak, menurut dr. Rudy memang penting untuk dilakukan screening secara rutin di rumah sakit.

Pasalnya, penyakit ini tak memiliki gejala yang bisa diprediksi secara jelas di tahap awal, melainkan gejala akan mulai terlihat apabila sudah memasuki fase yang cukup kronis.

"Susah (kenali gejala). Kadang kita bilang silent. Jadi untuk hal awal biasanya tak ada gejala. Karena itu kita tekankan pentingnya screening. Cek kadar gula darah, itu untuk mengetahui Diabetes lebih awal," bebernya.

Adapun gejala yang bisa dikenali apabila diabetes tersebut sudah semakin parah menurut dr.Rudy diantaranya adalah sering buang air kecil, sering merasa haus, hingga lapar.

"Gejala klasiknya ada tiga. Kita sebut dengan 3P yaitu Poliuri, Polidipsi, dan Polifagi, yaitu banyak kencing, sering haus, dan sering makan, alias gampang lapar. Tapi biasanya kalau sudah ada gejala ini diabetesnya sudah agak parah," ujarnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved