Breaking News:

Gedung 4 Lantai Ambruk

Puslabfor Selidiki Gedung 4 Lantai Ambruk di Palmerah: Bangunan Lapuk karena Korosi

Puslabfor Polri turut lakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab gedung ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Kondisi bangunan ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Jakarta Barat sebagian sudah dirobohkan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri turut lakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab gedung ambruk di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat.

Dari hasil penyelidikan sementara Puslabfor Polri, ambruknya gedung empat lantai itu diduga karena adanya korosi atau perkaratan besi di rangka bangunan.

"Dari hasil pengamatan dan analisa awal yang bisa kita simpulkan sebagai awal itu akibat adanya korosi daripada air ke dalam struktur beton sehingga sambungan-sambungan tiang itu telah mengalami pelapukan akibat proses korosi," kata Kepala Bidang Balistik dan Metalurgi Forensik (Balmetfor) Puslabfor Polri, Kombes Pol Ulung Kanjaya kepada wartawan di lokasi, Selasa (7/1/2020).

Ulung memperkirakan proses korosi di bangunan ini sudah berlangsung cukup lama hingga puncaknya yakni ambruk pada Senin (6/1/2020) kemarin akibat tak kuat menahan beban bangunan.

"Ada barang bukti yang kita temukan banyak sudah alami proses korosi yang sudah hampir separuh kemakan diameternya," kata Ulung.

"Kemungkinan terjadi kebocoran sehingga air bisa masuk ke strukrur beton karena bajanya yang dipakai adalah baja polos, baja karbon rendah, itu gampang alami korosi," tambahnya.

Selain itu, kata Ulung, curah hujan yang tinggi di awal tahun ini semakin membuat bangunan lapuk dan tak kuat menampung beban.

"Ditambah dengan curah hujan, yang mungkin air itu akan (karena( strukturnya tidak baik dalam hal airnya sehingga ada air yang terjebak. Itu menambah beban dari struktur," jelasnya.

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi sampai saat ini proses perataan bangunan yang disewa minimarket Alfamart itu masih terus dikerjakan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved