Awal Tahun 2020 Jakarta Dikepung Banjir

Antisipasi Banjir Rob Akibat Cuaca Ekstrem, Dinas SDA Siagakan Pompa Mobile

BMKG memprediksi, Jakarta dan sekitarnya berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ekstrem.

Antisipasi Banjir Rob Akibat Cuaca Ekstrem, Dinas SDA Siagakan Pompa Mobile
ISTIMEWA/Dokumentasi Dishub Jaksel
Petugas Dishub membantu menderek mobil warga yang terkena dampak banjir di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat (3/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Dudi Gardesi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah antisipatif untuk menghadapi banjir rob yang mungkin terjadi di wilayah Jakarta Utara.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, Jakarta dan sekitarnya berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ekstrem.

"Terkait dengan pasang tinggi itu yang berpengaruh yang di utara semua, terkait dengan tanggul yang kemungkinan akan limpas ombak lautnya," ucapnya, Rabu (8/1/2020).

Guna mengantisipasi banjir rob, ia pun menyebut, Dinas SDA telag menyiagakan sejumlah pompa mobile di beberapa titik yang dinilai rawan, seperti Kamal Muara, Pluit, dan Cengkareng Drain.

"Biasanya memang ada limpasan di daerah-daerah tertentu. Lalu kita standby di sana, kita coba pasang pompa mobile," ujarnya saat dikonfirmasi.

Nantinya, pompa-pompa itu akan digunakan untuk menyedot linpasan air laut menuju sejumlah waduk dan saluran air yang berada di sekitar kawasan terdampak rob.

Periksa Lokasi Kejadian hingga Cari Barang Bukit, Polisi Gelar Olah TKP di Rumah Mantan Istri Sule

Dua Pria Jambret Ponsel Bocah SD di Kelapa Dua Tangerang, Polisi: Buat Main Game Online

Warga Korban Banjir Bekasi Ajukan Gugatan Class Action

"Contoh di Pluit, kami arahkan ke waduk semua air yang dari laut. Kalau bersamaan dengan hujan lokal datang, kami akan pompa juga," tuturnya.

Seperti diketahui, BMKG memprediksi wilayah pesisir utara Jakarta berpotensi mengalami pasang maksimum dalam pada 9 Januari hingga 11 Januari 2020.

Pasang maksimum ini diperkirakan terjadi lada pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB dan berpotensi besar menimbulkan banjir rob di wilayah Jakarta Utara.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved