Imbas Rusuh di Kandang Malaysia, Indonesia Kena Sanksi Berat FIFA Hingga Tampil Tanpa Penonton

PSSI mendapat sanksi akibat dari pelanggaran yang terjadi di pertandingan menghadapi Malaysia dan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.

Imbas Rusuh di Kandang Malaysia, Indonesia Kena Sanksi Berat FIFA Hingga Tampil Tanpa Penonton
Tribunnews.com
Logo PSSI 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) mendapatkan hukuman berat dari FIFA akibat dari pelanggaran yang terjadi di pertandingan menghadapi Malaysia dan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.

Pelanggaran pertama yang didapat Timnas Indonesia ketika menghadapi Malaysia di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 19 November 2019 lalu.

Kala itu, suporter Timnas Indonesia terbukti bersalah karena tidak dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama pertandingan berlangsung.

Selain itu, para suporter dinilai menyalakan kembang api, melemparkan barang berbahaya, serta melakukan perusakan disekitar stadion.

Pelanggaran lain yakni mendapatkan teguran untuk kedua kalinya setelah pemain dan ofisial dianggap mengulur-ulur waktu saat sepak mula melawan Malaysia.

Indonesia mendapat peringatan untuk kedua kalinya karena sebelumnya pernah mengulur-ulur waktu kickoff saat menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 10 September tahun lalu.

Akibat peristiwa tersebut, Indonesia dijerat dengan dua pasal sekaligus yakni 12 dan 16 FIFA Disclipinary Code (FDC).

FIFA mengumumkan sanksi dengan nominal sangat besar yakni berupa denda sebesar 200 ribu franc Swiss (setara dengan Rp 2,85 miliar) dan larangan penonton saat menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret pada 19 Desember 2019 di SUGBK.

Bocah 9 Tahun Tewas Diduga Dianiaya, Alami Pendarahan di Kepala dan Hati

Viral Video ART Bekap dan Ikat Anak Majikan, Polisi Sebut Pelaku Geram Korban Lakukan Ini di Mal

"Ketertiban dan keamanan pada pertandingan (menyalakan kembang api atau benda lain; melempar benda; tindakan perusakan; mengganggu ketertiban atau indisipliner yang diamati di stadion). Perilaku buruk pemain dan ofisial (hingga kickoff tertunda)," tulis keterangan dari FIFA.

Sebelumnya, PSSI sendiri pernah mendapatkan denda dari FIFA karena adanya kejadian kerusuhan saat melawan Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 5 September 2019.

Saat itu, Indonesia mendapatkan denda dari FIFA sebesar 45 ribu franc Swiss atau sebesar RP 643 juta.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved